Bursa Global Hijau, IHSG Hari Ini Akan Lanjutkan Kenaikan?

Kompas.com - 28/04/2020, 08:23 WIB
Ilustrasi : Bursa Efek Indonesia KOMPAS.com/GARRY LOTULUNGIlustrasi : Bursa Efek Indonesia

JAKARTA, KOMPAS.com – Indeks Harga Saham Gabungan ( IHSG)  Bursa Efek Indonesia (BEI) diproyeksikan menguat hari ini. Sebelumnya, IHSG ditutup positif dengan kenaikan 0,38 persen.

Direktur Anugerah Mega Investama Hans Kwee mengatakan, IHSG berpeluang menguat seiring dengan hijaunya mayoritas bursa saham global.

“Kalau kita lihat IHSG berpotensi konsolidasi menguat hari ini terdorong mayoritas bursa saham yang semua mengalami penguatan ya,” ungkap Hans kepda Kompas.com, Selasa (28/4/2020).

Bursa saham Eropa kemarin berhasil ditutup menghijau karena terdorong sentimen pasar yang menyambut optimis rencana pembukaan lockdown. Hal ini menjadi kiblat pasar Asia hari ini, termasuk Indonesia untuk menghijau.

Selain itu, rencana Presiden AS Donald Trump yang akan membuka dan melonggarkan lockdown di beberapa negara bagian di AS juga ditanggapi positif oleh pasar. Apalagi rencana pembukaan ekonomi semakin nyata di depan mata, karena jumlah kasus Covid-19 mulai berkurang.

Wall Street pun menguat dengan kenaikan Dow Jones sebesar 1,51 persen, indeks S&P 500 naik 1,45 persen, dan indeks Nasdaq menguat 1,11 persen.

Namun, Hans menilai yang saat ini menjadi kekhawatiran pasar adalah uji coba pembukaan lockdown yang mungkin akan menambah jumlah kasus Covid-19.

“Kalau terjadi penambahan kasus akibat virus corona, maka market akan jatuh cukup dalam. Tapi di sisi lain, pembukaan lockdown ini akan menguntungkan sektor manufaktur. Sementara bisnis-bisnis restoran juga akan diuntungkan dari pembukaan lockdown,” tambah dia.

Hans memproyeksikan IHSG akan bergerak di level support 4.441 sampai dengan 4.317 dan resistance di level 4.629 sampai dengan 4.747.

Baca juga: Bergerak Fluktuatif, IHSG Ditutup Menghijau




Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X