Ini Langkah SKK Migas Redam Dampak Covid-19 di Sektor Hulu Migas

Kompas.com - 28/04/2020, 17:14 WIB
Kepala SKK Migas yang juga Dwi Soetjipto  usai membuka Joint Convention Yogyakarta 2019 di Hotel Tentrem, Kota Yogyakarta, Selasa (26/11/2019). KOMPAS.COM/MARKUS YUWONOKepala SKK Migas yang juga Dwi Soetjipto  usai membuka Joint Convention Yogyakarta 2019 di Hotel Tentrem, Kota Yogyakarta, Selasa (26/11/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Dampak negatif pandemi Covid-19 telah dirasakan oleh sektor hulu migas nasional. Melemahnya harga minyak mentah dan nilai kurs rupiah terhadap dollar AS berpotensi memberatkan kinerja sektor hulu migas.

Kepala SKK Migas Dwi Soetjipto mengatakan, pihaknya telah melakukan 7 langkah untuk meminimalisir dampak Covid-19.

Langkah pertama yang dilakukan adalah melakukan koordinasi kembali dengan Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) terkait rencana kerja 2020.

Baca juga: SKK Migas Prediksi Penerimaan Negara dari Hulu Migas Anjlok

"Kemudian, melakukan comprehensive assessment terkait opsi-opsi harga minyak untuk memperhitungkan keekonomian lapangan," kata Dwi dalam rapat dengar pendapat virtual Komisi VII DPR RI, Selasa (28/4/2020).

Lalu, SKK Migas juga mengevaluasi kembali penundaan penghentian sementara fasilitas produksi migas atau planned shutdown. Dwi justru mendorong agar planned shutdown tidak ditunda mengingat harga minyak mentah dunia yang tengah anjlok.

"Kemudian juga koordinas dengan stakeholder terkait pengecualian mobilisasi barang dan personel selama masa pandemi Covid-19," ujar Dwi.

Lebih lanjut, Dwi juga sudah mengajukan paket stimulus untuk KKKS kepada Menteri ESDM, Arifin Tasrif, untuk meringankan beban produksi.

"Dengan turunnya harga jual kami berharap cost bisa ditekan, salah satunya adalah melakukan renegoisasi berkaitan dengan hal-hal yang sifatnya market price," tutur dia.

Terakhir, SKK Migas juga akan memaksimalkan tanki dan kapal untuk penyimpanan sementara produksi migas.

"Pemanfaatan kapasitas tanki penyimpanan hulu oleh hilir sebagai storage crude impor," ucap Dwi.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X