Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lazada Bantu Jual Hasil Panen 2.500 Petani

Kompas.com - 28/04/2020, 20:02 WIB
Elsa Catriana,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Lazada bersama dengan Rumah Sayur Group berkolaborasi membantu 2.500 petani untuk menjual hasil panennya melalui laman 'Cari Sayur' yang berada di aplikasi Lazada.

Adapun 2.500 petani tersebut merupakan binaan Desa Sejahtera Astra-Institut Pertanian Bogor (IPB) yang berasal dari daerah Jawa Barat.

Melalui laman ini nantinya para konsumen dapat berbelanja dan produk sayur tersebut akan diantarkan langsung ke rumah konsumen dengan estimasi waktu 3 jam. Adapun layanan ini menggandeng Gojek dan Grab.

Baca juga: Ini Alasan Kemenperin Izinkan Belasan Ribu Perusahaan Beroperasi Selama PSBB

EVP Commercial FMCG Category Lazada Indonesia Bobby Gandasaputra mengatakan, layanan ini diharapkan bisa membantu masyarakat memenuhi kebutuhan selama bulan Ramadhan.

"Oleh karena itu, Lazada meningkatkan ketersediaan sembako dan bahan pangan segar di platform kami melalui kerja sama dengan berbagai Lembaga," ujarnya dalam presconference yang diselenggarakan secara virtual, Selasa (28/4/2020).

Selain itu, Bobby mengatakan banyaknya para pengguna Lazada membutuhkan produk kebutuhan pokok seperti sayur-sayuran dan daging ditengah pandemi corona saat ini.

Baca juga: Sederet Bantuan Sosial Pemerintah untuk Redam Dampak Corona

Sementara itu Rektor IPB Arif Satria mengatakan, melalui kolaborasi ini dapat membantu para petani untuk mendistribusikan hasil panennya. Selain itu para petani juga bisa mendapatkan peningkatan pendapatan dari pemasaran hasil panen lewat e-commerce.

"Persoalan distribusi, soal pangan di hulu ada over supply kalau itu terjadi terus menerus akan berdampak pada harga yang jatuh. Melalui kolaborasi ini adalah salah satu upaya kita untuk memacu kelancaran distribusi dengan mengandeng marketplace Lazada yang sangat strategis sekali," kata dia.

Arif juga menyebutkan konsumen Lazada akan mendapatkan harga sayur yang 20 persen lebih murah dibandingkan dengan harga di pasar konvensional.

Baca juga: Industri Ritel Terpuruk Selama Pandemi Corona

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com