Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pandemi Covid-19, Menkop Minta Pelaku UMKM Jual Produknya di E-commerce

Kompas.com - 29/04/2020, 13:05 WIB
Elsa Catriana,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop UKM) Teten Masduki mengatakan, terjadi perubahan pola konsumsi masyarakat berubah selama pandemi Covid-19. Perubahan konsumsi itu dari offline menjadi online.

Bahkan Teten menyebut berdasarkan data dari beberapa platform e-commerce, transaksi online mengalami peningkatan.

"Dari data yang diperoleh tren peningkatan selama pandemi di platform online seperti produk hobi outdoor dan indoor naik 70 persen, produk kesehatan masker, handsanitizer dan termometer naik 90 persen," ujarnya dalam pressconference yang dilakukan secara virtual, Selasa (28/4/2020).

Baca juga: Cara Membuka Rekening BNI Penerima Kartu Prakerja

Teten juga menyebutkan untuk produk bahan pokok di platform BukaLapak naik 350 persen, Begitupun dengan produk makanan dan minuman herbal atau instan yang naik 200 persen.

Melihat hal ini, Teten mengatakan salah satu langkah yang dapat dilakukan para pelaku UMKM di tengah pandemi yakni dengan memasarkan produk-produknya melalui e-commerce.

"Saya mengajak seluruh pelaku UMKM dan Koperasi juga untuk memanfaatkan momentum ini sebagai bagian untuk belajar lebih aktif dan memanfaatkan teknologi digital," kata dia

Baca juga: Juniver Girsang Tuntut PT KCN Bayar Succees Fee 1 Juta Dollar AS

Teten menambahkan melalui langkah itu dapat membuat perekonomian dalam negeri tetap berputar selain itu juga dapat membuktikan bahwa produk-produk dari pelaku koperasi dan UMKM mampu memenuhi kebutuhan nasional.

"Di tengah Covid ini solidaritas sangat dibutuhkan dan saya berharap di masa pandemi ini dapat menjadi momentum untuk membuktikan bahwa produk dalam negeri mampu memenuhi kebutuhan nasional," ucapnya.

Baca juga: Jangan Lupa Kirim Foto Meteran Listrik PLN via WA, Begini Caranya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com