Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 29/04/2020, 16:37 WIB
Rully R. Ramli,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Garuda Indonesia Tbk menyatakan telah melakukan berbagai penyesuian dalam rangka mengantisipasi penyebaran Covid-19.

Direktur utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra mengatakan, salah satu penyesuaian yang dilakukan adalah meniadakan beberapa fasilitas dalam penerbangan, seperti contoh majalah dan koran.

"Kita juga melakukan banyak adjustment di layanan flight, jadi majalah, koran kami mohon maaf untuk tidak lagi disediakan, karena ini menjadi media untuk perpindahan virus," kata dia dalam dengar pendapat virtual Komisi VI DPR RI, Rabu (29/4/20).

Baca juga: Cerita Bos Garuda soal Sewa Pesawat yang Terlalu Mahal

Selain itu, fasilitas bantal dan makanan juga diatur sedemikian rupa dalam rangka antisipasi Covid-19.

Irfan menambahkan, seluruh crew kabin pesawat sudah diwajibkan mengenakan masker sesuai protokol kesehatan yang berlaku.

"Kami mohon maaf hari ini bapak ibu sekalian, khususnya bapak-bapak, tidak bisa lagi terlalu melihat wajah pramugari kami karena harus ditutup masker, untuk kepentingan bersama," tuturnya.

Lebih lanjut, Irfan menegaskan, pihaknya juga sudah melakukan penyesuaian jumlah penumpang pesawat, sesuai dengan aturan yang telah diterbitkan Kementerian Perhubungan terkait pembatasan operasional transportasi umum selama pandemi Covid-19.

"Kalau bapak ibu naik (Boeing) 737 economy class, tengahnya kosong jadi isinya sekitar 60 persen. Sementara kalau Airbus yang seating konfigurasi 2-4-2 kita isi dengan hanya 50 persen penumpang biar aman nyaman," ujarnya.

Baca juga: Garuda Indonesia Masih Melayani Penerbangan ke Rute Ini

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com