Mandiri Siapkan Uang Tunai Rp 19,2 Triliun untuk Lebaran

Kompas.com - 29/04/2020, 16:47 WIB
Ilustrasi Bank Mandiri. Rafapress/SHUTTERSTOCKIlustrasi Bank Mandiri.

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Mandiri (Persero) Tbk (KOMPAS100: BMRI) menyiapkan dana tunai sebesar Rp 19,2 triliun untuk periode Ramadhan dan Idul Fitri tahun ini.

Pengalokasian uanhg tunai tersebut bakal mulai dilakukan pada periode 4 hingga 25 Mei 2020.

Adapun jumlah uang tunai yang diiapkan turun 24 persen dibandingkan jumlah uang tunai yang disiapkan pada Lebaran tahun sebelumnya.

Baca juga: BI Gencarkan Penggunaan QRIS, Bagaimana Nasib Uang Tunai Nantinya?

Corporate Secretary Bank Mandiri Rully Setiawan mengatakan, kebijakan penyiapan uang tunai tahun ini memang lebih efisien.

Menurut Rully, pihaknya akan memfokuskan pada penyediaan uang tunai untuk memenuhi kebutuhan mesin-mesin ATM dibandingkan dengan di kantor cabang, serta mendorong pemanfaatan alat pembayaran non tunai dalam transaksi sehari-hari.

“Pada masa kampanye pembatasan aktivitas sosial, kami tetap perlu mengantisipasi potensi kenaikan kebutuhan uang tunai menjelang hari raya nanti sebagai bentuk pelayanan kepada nasabah. Harapannya, tentu agar nasabah dapat memanfaatkan alat pembayaran online Bank Mandiri dalam bertransaksi. Namun jika memang membutuhkan uang tunai, nasabah dapat menarik di ATM dan tidak perlu ke cabang,” kata Rully seperti dikutip dari keterangan resminya, Rabu (29/4/2020).

Baca juga: Bantu Tenaga Medis, Bank Mandiri Gelontorkan Dana Rp 140 Miliar

Dari Rp 19,2 triliun uang tunai yang disiapkan, sebagian besar akan dialokasikan untuk memenuhi kebutuhan pengisian uang tunai di seluruh ATM Bank Mandiri yang mencapai sekitar Rp 1,7 triliun per hari pada periode tersebut.

Angka tersebut sama dengan kebutuhan pada periode Ramadhan dan Idul Fitri tahun lalu.

Rully menuturkan, pihaknya juga akan memastikan kesiapan jaringan TI secara optimal untuk mengantisipasi kenaikan transaksi yang dilakukan nasabah pada kanal pembayaran elektronik, seperti ATM, SMS Banking, Mandiri Online dan Mandiri Call 14000 agar tidak ada gangguan, dengan membentuk tim monitoring IT yang selalu siaga.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X