Kompas.com - 29/04/2020, 19:05 WIB
Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan ketika melakukan rapid test virus corona di Istana Negara Kepresiden, dan hasilnya dinyatakan negatif, Jakarta, Selasa (28/4/2020). Dokumentasi Humas Kemenko Kemaritiman dan InvestasiMenko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan ketika melakukan rapid test virus corona di Istana Negara Kepresiden, dan hasilnya dinyatakan negatif, Jakarta, Selasa (28/4/2020).

JAKARTA, KOMPAS.com - Meski berusia 72 tahun dengan aktivitas yang padat dan kerap terjun ke lapangan, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan tetap memiliki stamina yang prima selama masa pandemi virus corona (Covid-19).

Apa jurus jitu tetap sehat Luhut?

Juru bicara Menko Marves Jodi Mahardi mengatakan, pimpinannya tersebut hanya menjalani pola olahraga yang rutin tiap hari sebelum memulai aktivitas.

"Pak Luhut jaga staminanya dengan olahraga saja setiap hari, jogging di treadmill satu jam," katanya kepada Kompas.com, Rabu (29/4/2020).

Baca juga: Menko Luhut Jalani Rapid Test Corona, Hasilnya Negatif

Selain itu, asupan makanan pun tetap dijaga. Mantan perwira tertinggi komandan militer ini walaupun sudah lanjut usia, ternyata tak memiliki pantangan makan apapun.

"Makan malam saja dikurangin, tapi kalau pantangan sih enggak ada ya," ujarnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Mulai mengurangi jatah makan malam, kebiasaan itu rutin Luhut jalani ketika berada di rumah. Terkecuali ada undangan makan malam dari tamu para pejabat atau investor yang dia tangani.

"Iya kadang-kadang makan sih kalau ada working dinner. Tapi kalau di kediaman biasanya tidak atau kurangi makan malam," ujarnya.

Dari sekian pola yang dia jalani, tak lupa Luhut selalu mengimbau kepada seluruh pegawainya di Kemenko Marves agar tetap melakukan pola hidup sehat, terutama berolahraga.

"Tapi yang paling utama sih olahraga itu, Pak Luhut selalu ngingetin stafnya untuk rajin olahraga," kata Jodi.

Pada Selasa (28/4/2020), Luhut menjalani rapid test virus corona di Istana Negara Kepresidenan. Usai melakukan rapid test, hasilnya pun menunjukkan jika Luhut tak terjangkit virus tersebut.

Baca juga: Budi Karya: Pak Luhut Penyelamat Saya...

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.