Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 29/04/2020, 19:05 WIB
Ade Miranti Karunia,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Meski berusia 72 tahun dengan aktivitas yang padat dan kerap terjun ke lapangan, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan tetap memiliki stamina yang prima selama masa pandemi virus corona (Covid-19).

Apa jurus jitu tetap sehat Luhut?

Juru bicara Menko Marves Jodi Mahardi mengatakan, pimpinannya tersebut hanya menjalani pola olahraga yang rutin tiap hari sebelum memulai aktivitas.

"Pak Luhut jaga staminanya dengan olahraga saja setiap hari, jogging di treadmill satu jam," katanya kepada Kompas.com, Rabu (29/4/2020).

Baca juga: Menko Luhut Jalani Rapid Test Corona, Hasilnya Negatif

Selain itu, asupan makanan pun tetap dijaga. Mantan perwira tertinggi komandan militer ini walaupun sudah lanjut usia, ternyata tak memiliki pantangan makan apapun.

"Makan malam saja dikurangin, tapi kalau pantangan sih enggak ada ya," ujarnya.

Mulai mengurangi jatah makan malam, kebiasaan itu rutin Luhut jalani ketika berada di rumah. Terkecuali ada undangan makan malam dari tamu para pejabat atau investor yang dia tangani.

"Iya kadang-kadang makan sih kalau ada working dinner. Tapi kalau di kediaman biasanya tidak atau kurangi makan malam," ujarnya.

Dari sekian pola yang dia jalani, tak lupa Luhut selalu mengimbau kepada seluruh pegawainya di Kemenko Marves agar tetap melakukan pola hidup sehat, terutama berolahraga.

"Tapi yang paling utama sih olahraga itu, Pak Luhut selalu ngingetin stafnya untuk rajin olahraga," kata Jodi.

Pada Selasa (28/4/2020), Luhut menjalani rapid test virus corona di Istana Negara Kepresidenan. Usai melakukan rapid test, hasilnya pun menunjukkan jika Luhut tak terjangkit virus tersebut.

Baca juga: Budi Karya: Pak Luhut Penyelamat Saya...

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com