Berawal dari Pesan Singkat Luhut, UAE Kirim Bantuan 20 Ton Alkes ke RI

Kompas.com - 29/04/2020, 19:47 WIB
Bantuan perlengkapan medis sebanyak 20 ton dari Uni Emirat Arab akan dikirim ke Indonesia, Rabu (29/4/2020). Dokumentasi Humas Kemenko Kemaritiman dan InvestasiBantuan perlengkapan medis sebanyak 20 ton dari Uni Emirat Arab akan dikirim ke Indonesia, Rabu (29/4/2020).

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada pemerintah Uni Emirat Arab (UAE) yang telah menyalurkan bantuan 20 ton perlengkapan medis ke Indonesia.

Dikirimnya bantuan ini berawal dari saling kirim pesan singkat antara Luhut dengan Menteri Energi dan Industri UAE, Suhail Mohammed Al Mazrouei beberapa waktu lalu.

Akhirnya, tibalah 20 ton bantuan perlengkapan medis ini.

Baca juga: Menko Luhut Jalani Rapid Test Corona, Hasilnya Negatif

"Saya teringat pesan singkat yang saya tulis kepada sahabat baik saya, Menteri Energi dan Industri UAE, Mr Suhail Mohamed Al Mazrouei sepuluh hari yang lalu," ujar Luhut melalui unggahan pada akun Facebook pribadinya, Rabu (29/4/2020).

"Dalam pesan singkat tersebut saya katakan kepada Mr Suhail bahwa rasa senasib sepenanggungan sebagai sesama umat manusia di masa-masa sulit seperti ini patut dijadikan semangat bersama untuk pulih," kata Luhut.

"Tak lama setelah saya menulis pesan tersebut, Mr Suhail pun membalas pesan singkat saya dengan sebuah pesawat yang mengangkut 20 ton bantuan perlengkapan medis yang ditujukan untuk membantu sekitar 20.000 tenaga medis yang berjuang menangani Covid-19," sambung Luhut.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Luhut menjelaskan, UAE juga membantu membeli hasil bumi dari Indonesia untuk membantu perputaran roda ekonomi di Tanah Air. Hasil bumi ini antara lain sayuran dan buah-buahan produksi petani Indonesia.

Baca juga: Budi Karya: Pak Luhut Penyelamat Saya...

Selain itu, Luhut mengatakan, pemberian bantuan alat kesehatan dari UAE ini tak lepas dari sosok Presiden Joko Widodo yang begitu intim dengan Putera Mahkota Abu Dhabi Pangeran Mohammed Bin Zayed,.

"Khusus untuk Indonesia yang menjadi negara sahabat UAE, mereka menganggap inilah bentuk komitmen dan rasa percaya dari sebuah hubungan persahabatan yang akrab antar kepala negara yaitu Presiden Joko Widodo dan Putera Mahkota Abu Dhabi, Pangeran Mohammed Bin Zayed, serta rakyat Indonesia dan UAE," tutur Luhut.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.