Terimbas Pandemi, Garuda dan KAI Pastikan Karyawan Tetap Dapat THR

Kompas.com - 29/04/2020, 20:02 WIB
Ilustrasi PixabyIlustrasi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk dan PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI memastikan tetap memberikan tunjangan hari raya (THR) kepada karyawan meski kinerja perseroan terdampak pandemi Covid-19.

Bukan hanya itu, kedua perusahaan transportasi pelat merah tersebut juga berkomitmen untuk tidak melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) meski dihadapi kerugian akibat pandemi Covid-19.

Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra mengakui, pandemi telah mengganggu kinerja keuangan perseroan. Namun, ia berkomitmen untuk tetap membayarkan THR karyawan maskapai logo garuda biru tersebut.

"Kami berkomitmen untuk tetap memberikan THR," katanya dalam rapat dengar pendapat virtual Komisi VI DPR RI, Rabu (29/4/2020).

Baca juga: Erick Thohir Putuskan Direksi dan Komisaris BUMN Tak Dapat THR

Lebih lanjut, Irfan memastikan jajaran direksi dan komisaris tidak akan mendapatkan THR, sesuai dengan arahan Menteri BUMN, Erick Thohir.

Selain itu, Garuda akan memilih berbagai opsi lain seperti penundaan pembayaran kepada pihak ketiga ketimbang melakukan PHK terhadap karyawannya untuk memulihkan kondisi keuangan perseroan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"PHK adalah opsi terakhir, kalau relaksasi finansial kami bisa peroleh, kami tentu saja bisa menghindari ini dan mengambil alternatif lebih bijak bagi seluruh keluarga besar Garuda Indonesia," tutur Irfan.

Senada dengan Irfan, Direktur Utama KAI Edi Sukmoro memastikan pihaknya tidak akan melakukan PHK dan tetap memberikan gaji utuh dan THR bagi seluruh pekerja.

"Gaji tetap dibayarkan utuh, THR juga tetap kami berikan. Hanya untuk direksi dan komisaris arahan dari Kementerian BUMN kami tidak akan menerima THR," ucap Edi.

Baca juga: Dirut Garuda: Mohon Maaf Hari Ini Bapak Ibu, Tak Bisa Lagi Terlalu Melihat Wajah Pramugari Kami

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.