Transaksi Anjlok 70 Persen akibat Pandemi, Ini yang Dilakukan Produsen Bumbu Masakan Ini

Kompas.com - 30/04/2020, 03:39 WIB
Produk Serasa Facebook Yuszak M yahyaProduk Serasa

JAKARTA, KOMPAS.com - Pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM) adalah sektor yang paling terimbas akibat pandemi Covid-19.

CEO Serasa Food Yuszak M Yahya mengatakan,  omzet bisnisnya di bidang rempah-rempah yang menjual berbagai jenis bumbu masakan menurun hingga 70 persen.

Hal itu dikarenakan banyak konsumennya yang berasal dari usaha restoran tutup terimbas dampak pandemi virus corona ini.

"Para customer kami yang rata-rata memiliki usaha di bidang restoran pada tutup, alhasil dampaknya ke perusahaan kami mengalami penurunan transaksi sebesar 70 persen," ujarnya dalam virtual conference, Rabu (29/4/2020).

Baca juga: Simak, Tips Jaga Arus Keuangan UMKM di Tengah Virus Corona

Yuszak mengaku sempat stres karena omzet perusahaannya anjlok begitu dalam. Belum lagi memikirkan cara mendapatkan bahan baku yang masih dibeli di pasar tradisional dan pembayarannya tidak boleh utang, harus sudah memikirkan nasib para karyawannya yang notabene warga yang tinggal di lingkungan sekitar perusahaan.

"Saya masih usaha kecil, bahan baku masih beli di pasar tradisional, nah mereka maunya dibayar secara cash enggak boleh utang, pemasukan sedikit belum lagi memikirkan gaji karyawan," katanya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Bahkan Yuszak mengakui sempat terpikir untuk melakukan putus hubungan kerja (PHK) ke para karyawannya. Namun dikarenakan di perusahaanya para karyawan dan atasan memiliki rasa emosional yang sangat tinggi sehingga ia tidak rela melakukan PHK.

Akhirnya setelah mencoba berpikir dan memutar otak, Yuszak mencoba membuat perencanaan atau planning  untuk keberlangsungan perusahaannya yang telah dirintisnya sejak 2015 itu.

Planning pertama yang dilakukan Yushzak adalah melakukan Rolling Sales Forecast atau perkiraan penjualan bergulir.

Ia mengatakan, usaha yang dia miliki sejauh ini memang memiliki dua pilar usaha yakni ritel dan business to business (B2B).

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.