Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rupiah Melesat Dekati Rp 15.000 Per Dollar AS

Kompas.com - 30/04/2020, 09:53 WIB
Kiki Safitri,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Nilai tukar rupiah terhadap dollar AS pada awal perdagangan di pasar spot Kamis (30/4/2020) menguat tajam.

Mengutip data Bloomberg pukul 09.11 WIB rupiah berada pada level Rp 15.122 per dollar AS atau menguat 172 poin (1,13 persen) dibandingkan penutupan sebelumnya pada level Rp 15.249 per dollar AS.

Kepala Riset dan Edukasi PT Monex Investindo Futures Ariston Tjendra mengatakan penguatan rupiah hari ini terdorong ramai sentiment positif pada keuangan global yang menunjukkan kondisi ekonomi perlahan membaik.

“Sentimen positif memberikan indikasi awal ke pasar, ekonomi global mulai pulih. Tapi pasar tetap waspada dengan perkembangan wabah dan dampak negatif ke perekonomian,” kata Ariston kepada Kompas.com.

Baca juga: BI: Tingginya Kebutuhan Valas dan PSBB Jadi Faktor Pelemahan Rupiah

Adapun sentimen positif pagi ini yang mendorong pasar keuangan antara lain, laporan kemajuan pengujian obat corona Redemvisir dari perusahaan farmasi AS, Gilead Sciences.

Selain itu, Federal Reserve (The Fed) mengatakan tidak akan memangkas kembali suku bunga acuannya yang kini sudah mendekati nol.

Sentimen positif juga datang dari penguatan harga minyak dunia yang mulai pulih. Laporan laba korporasi di AS juga menunjukkan hasil yang menggembirakan, termasuk laporan keuangan dari perusahaan teknologi seperti Facebook dan Microsoft membuat pasar kembali optimis, akan pemulihan ekonomi.

Disisi lain, pelonggaran lockdown di beberapa negara bagian di AS dan Eropa menimbulkan persepsi pasar, pandemi Covid-19 berangsur pulih dan pembukaan ekonomi segera dilakukan.

Ariston memproyeksikan hari ini rupiah akan bergerak pada kisaran Rp 15.150 per dollar AS sampai dengan Rp 15.450 per dollar AS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com