Ada Larangan Mudik, AirAsia Alihkan Layanannya ke Pengangkutan Kargo

Kompas.com - 30/04/2020, 11:20 WIB
Ilustrasi pesawat milik maskapai penerbangan AirAsia. SHUTTERSTOCK/ZHOU EKAIlustrasi pesawat milik maskapai penerbangan AirAsia.

JAKARTA, KOMPAS.com - Maskapai AirAsia akan memfokuskan layanannya pada penerbangan sewa (charter) untuk melayani pengiriman barang logistik dan bantuan untuk pemulihan Covid-19.

Hal ini dilakukan karena adanya pembatasan penerbangan komersial berjadwal sampai dengan 31 Mei 2020.

“Sebagai bagian dari bangsa Indonesia, di tengah situasi penuh keterbatasan ini, kami terus berupaya maksimal menjalankan peran untuk memperlancar pergerakan komoditas esensial yang dibutuhkan oleh masyarakat,” ujar Direktur Utama AirAsia Indonesia, Veranita Yosephine Sinaga dalam keterangan tertulisnya, Kamis (30/4/2020).

Baca juga: Mulai 3 Mei, Lion Air Akan Beroperasi Layani Penerbangan Khusus

Veronica menambahkan, perusahaannya siap melayani permintaan penerbangan charter dari semua kalangan yang membutuhkan baik dari pemerintah, swasta, organisasi dan komunitas masyarakat, dengan tetap menghadirkan kualitas layanan terbaik dan biaya yang kompetitif.

“Sebagai salah satu maskapai dengan unit biaya operasi terendah, kami berharap dapat memberikan nilai lebih terhadap komoditas atau bantuan yang dibawa,” kata dia.

Menurut Veronica, pesawat AirAsia Indonesia dapat dikondisikan dalam dua konfigurasi untuk memenuhi kebutuhan penyewa.

Misalnya, untuk sewa penumpang, kabin atas pesawat bisa digunakan untuk mengangkut penumpang dan kompartemen bawah untuk bagasi dan barang kargo.

Lalu, untuk angkutan kargo. Nantinya, kabin atas pesawat bisa digunakan untuk komoditas dan logistik penanggulangan Covid-19, kompartemen bawah untuk kargo dan bagasi.

AirAsia Indonesia akan menerapkan protokol kesehatan dan memberikan perlindungan tambahan terhadap barang-barang yang membutuhkan penanganan khusus untuk mencegah kontaminasi dan kerusakan.

AirAsia Indonesia juga akan menugaskan sejumlah awak kabin dan kru tambahan untuk memastikan keselamatan penerbangan demi kenyamanan penyewa. Setiap selesai penerbangan, semua armada AirAsia Indonesia akan melalui proses desinfeksi untuk menjaga higienitas pesawat dan keamanan penerbangan berikutnya.

Baca juga: Pemerintah Naikkan Tarif Batas Atas Pesawat Kelas Ekonomi



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X