Tinggalkan Level Rp 15.000 Per Dollar AS, BI Yakin Rupiah Terus Menguat

Kompas.com - 30/04/2020, 14:04 WIB
Ilustrasi rupiah dan dollar AS THINKSTOCKSIlustrasi rupiah dan dollar AS

JAKARTA, KOMPAS.com - Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo optimistis nilai tukar rupiah bisa terus menguat terhadap dollar AS.

Pasalnya hari ini, nilai tukar rupiah bisa kembali ke level di bawah Rp 15.000 setelah dalam beberapa pekan terakhir mata uang Garuda sempat tertekan hingga Rp 16.000 per dollar AS.

Pada perdagangan hari ini, Kamis (30/4/2020) rupiah menunjukkan penguatan menjadi Rp 14,895 per dollar AS atau sebesar 2,62 persen.

Baca juga: Gubernur BI: Alhamdulillah Rupiah Menguat di Bawah Rp 15.000

Pada pukul 13.47, menurut data Bloomberg, kurs rupiah di pasar spot berada pada level Rp 14.913 per dollar AS.

Perry pun memperkirakan nilai tukar akan ada di kisaran Rp 14.900 hingga Rp 15.300 per dollar AS di akhir tahun 2020.

"Kami confident nilai tukar rupiah menguat dan mengarah Rp 15.000 di akhir tahun, dan sekarang sudah di bawah Rp 15.000," ujar Perry ketika rapat kerja secara virtual dengan Komisi XI DPR RI.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Semua memang alhamdulillah ini karunia Allah. Manusia hanya berikhtiar Allah yang menentukan agar kita tawakal dan optimis ke depan, Allah memberi rahmat lebih baik setelah musibah ini," ujar Perry lebih lanjut.

Perry pun mengatakan, penguatan rupiah terjadi lantaran defisit transaksi berjalan (current account deficit/CAD) tahun ini, diperkirakan jauh lebih rendah dibandingkan dengan perkiraan.

Baca juga: Menguat, Berikut Kurs Rupiah Hari Ini di 5 Bank

Pada kuartal pertama tahun ini, defisit transaksi berjalan akan lebih rendah dari 1,5 persen dari Produk Domestik Bruto (PDB).

Angka tersebut lebih rendah dibandingkan perkiraan yang di kisaran 2,5 persen hingga 3 persen dari PDB.

"Kalau CAD rendah, tekor defisit lebih rendah, dan itu mendukung nilai tukar menguat," ujar Perry.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X