Pandemi Covid-19, FAO: Beli Makanan dari Usaha Kecil, Hargai Petani...

Kompas.com - 30/04/2020, 14:39 WIB
Ilustrasi petani beras di Indonesia ShutterstockIlustrasi petani beras di Indonesia

JAKARTA, KOMPAS.com - Organisasi Pangan dan Pertanian (FAO) atau Organisasi Pangan dan Pertanian di tengah pandemi Covid-19 menghimbau masyarakat untuk membeli makanan dari usaha kecil, menghargai petani, nelayan dan peternak yang memproduksi pangan, berbelanja dengan bijaksana, dan makan makanan sehat.

Perwakilan FAO di Indonesia Stephen Rudgard mengatakan, sudah saatnya bagi seluruh masyarakat untuk saling peduli dan memperhatikan satu sama lain.

“Sudah saatnya bagi kita untuk memperhatikan satu sama lain dan menghargai mereka yang berada di garis depan dalam pandemi ini. Mereka yang memproduksi pangan untuk kita makan setiap hari di masa yang sulit ini," ujarnya dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Kamis (30/4/2020).

Baca juga: Cegah Gejolak Pangan Akibat Pandemi, Mentan Minta Warga Jangan Panic Buying

Stephen menyebutkan, ada delapan imbauan FAO untuk masyarakat Indonesia di tengah pandemi.

Pertama, FAO mengajak masyarakat untuk mengingat para pahlawan pangan selama pandemi, seperti petani kecil nelayan, peternak, pengemudi truk, dan para penjual di pasar atau supermarket yang menyiapkan bahan-bahan pangan untuk masyarakat.

Kedua, mengajak masyarakat untuk membeli makanan dari usaha kecil untuk mendukung mata pencaharian mereka di masa-masa sulit ini.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Ketiga, Ketika Anda membeli makanan dari pasar atau supermarket, pakailah masker, cobalah untuk memastikan jarak fisik yang aman, dan jaga kebersihan tangan Anda," katanya.

Keempat, lanjut dia, mengajak masyarakat untuk berbelanja dengan bijaksana. Seperti jangan membeli terlalu banyak pangan segar seperti buah, sayur, ikan, daging sapi, dan daging ayam karena dapat mengakibatkan makanan rusak dan terbuang.

"Selain itu juga ini akan meningkatkan sampah pangan dan menghabiskan uang Anda," sambungnya.

Kelima, tidak perlu menimbun makanan di rumah karena Covid-19 tidak secara langsung mempengaruhi produksi makanan. Keenam, konsumsi pangan yang bergizi, beragam, seimbang, dan aman untuk Anda dan keluarga Anda dan ketujuh jangan pernah lupa untuk cuci tangan Anda sebelum dan sesudah memegang makanan di rumah.

"Terakhir, sesekali bagikan makanan Anda, atau dukung bank makanan, kelompok masyarakat, atau badan amal yang menyediakan makanan gratis bagi orang-orang yang rentan, sebisa Anda. Kedermawanan Anda sangat penting selama krisis ini," sebutnya.

Hingga saat ini FAO akan terus bekerja dengan pemerintah untuk memberikan saran dan dukungan tentang langkah-langkah untuk mengurangi dampak Covid-19 terhadap sistem pangan Indonesia yang berkelanjutan dan tangguh, termasuk melakukan penilaian dan analisa untuk perubahan kebijakan.

Baca juga: Jokowi Disarankan Bentuk Badan Kedaulatan Pangan untuk Hadapi Skenario Terburuk Corona



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X