Inspiratif, Warga di Perumahan Ini Dirikan Gerai Pangan Gratis untuk Warga Terdampak Corona

Kompas.com - 30/04/2020, 15:12 WIB
Gerai Pangan di Perumahan Griya Melati Mas, Jatimulya, Cilodong Depok yang menyediakan barang kebutuhan pokok secara gratis untuk masyarakat sekitar. KOMPAS.com/ Bambang P. JatmikoGerai Pangan di Perumahan Griya Melati Mas, Jatimulya, Cilodong Depok yang menyediakan barang kebutuhan pokok secara gratis untuk masyarakat sekitar.

JAKARTA, KOMPAS.com - Ada beragam cara yang dilakukan masyarakat untuk membantu meringankan beban warga yang terdampak Corona. Salah satunya seperti yang dilakukan warga di Perumahan Griya Melati Mas, Depok yang mendirikan Gerai Pangan.

Gerai Pangan tersebut merupakan inisiatif warga kompleks perumahan Griya Melati Mas untuk menyediakan bahan kebutuhan pokok kepada warga yang terdampak Corona.

Selain bahan pokok, Gerai Pangan ini juga menyediakan produk kesehatan yang bisa diambil gratis oleh mereka yang membutuhkan. 

Gerai pangan disusun sedemikian rupa hingga menyerupai toko kelontong. Warga yang membutuhkan tinggal mengambil barang yang dibutuhkan. Sementara itu, warga yang berniat membantu, bisa meletakkan barangnya ke rak-rak yang disediakan.

Baca juga: Pandemi Corona, Pembelian Bahan Pokok dan Alkes Meningkat di e-Commerce

Ketua RW 08 Kelurahan Jatimulya, Welly Wiryanto mengungkapkan bahan pokok yang disediakan di gerai tersebut sepenuhnya berasal dari dana warga perumahan.

"Per hari ada sekitar lebih dari 20 orang yang mengambil bahan pokok yang kami sediakan. Memang priotitas untuk warga kompleks. Namun warga sekitar kompleks sudah ada yang mengambil di Gerai Pangan kami," ujarnya, Kamis (30/4/2020).

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dalam sehari, belanja yang dikeluarkan untuk memenuhi stok bahan pokok di Gerai Pangan ini antara Rp 500.000 hingga Rp 700.000.

Mengedepankan Kejujuran

Sementara itu, salah satu pengurus Gerai Pangan di Perumahan Griya Melati Mas, Yuli menuturkan untuk bisa mendapatkan bahan pangan gratis, panitia tak memerlukan surat keterangan.

"Kami hanya mengedepankan kejujuran. Mereka yang memang benar-benar membutuhkan, dipersilakan mengambil. Sementara untuk warga yang memiliki kelebihan, kami membuka diri menerima barang maupun dana untuk Gerai Pangan ini," jelas dia.

Rencananya, Gerai Pangan gratis ini akan dibuka hingga Corona mereda dan kondisi ekonomi pulih seperti sedia kala.

 



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X