Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada Pelatihan Online Gratis untuk UMKM, Minat?

Kompas.com - 30/04/2020, 18:07 WIB
Elsa Catriana,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop UKM) Teten Masduki resmi meluncurkan program pelatihan online atau e-learning secara gratis bagi pelaku UMKM.

Ini juga sebagai salah satu bentuk dorongan yang dikhususkan bagi pelaku UMKM yang terimbas pandemi Covid-19.

Teten mengatakan pelatihan ini dilakukan secara online dengan bimbingan para tutor dan motivator yang kompeten di bidangnya.

"Kami mempersiapkan pelatihan kewirausahaan, manajemen koperasi, kejuruan dan standarisasi secara online di masa pandemi Covid-19 dengan menggunakan konsep One Stop Service yang dapat diakses melalui website edukukm.id," ujarnya dalam pressconference secara virtual, Kamis (30/4/2020).

Baca juga: Angin Segar, Rupiah Berhasil Kembali ke Level Rp 14.882 Per Dollar AS

Teten juga menyebutkan pelatihan ini dilengkapi dengan kuis sebagai indeks pengujian akhir agar peserta dapat memperoleh Surat Keterangan Online untuk dapat digunakan pada fasilitas lanjutan yang berada di Kemenkop UKM.

"Setelah pelatihan akan ditindaklanjuti dengan mencoba menghubungkan dengan akses pasar. Tentunya dengan mekanisme yang sudah ditentukan," kata dia.

Sementara itu Deputi Bidang Pengembangan SDM, Kemenkop dan UKM Arif Rahman Hakim mengatakan gagasan pelatihan online ini bukan hanya dalam rangka merespon situasi Covid-19, namun sudah menjadi tugas utama kementerian untuk mengadakan pelatihan secara rutin dari tahun ke tahun.

Baca juga: Kisah Mereka Yang Makin Sibuk di Tengah Pandemi

Oleh karena itu, lanjut Arif, peserta pelatihan online ini tidak hanya menyasar daerah yang masuk dalam daftar zona merah, namun bersifat menyeluruh asalkan memenuhi syarat utama yakni memiliki usaha.

"Tentu yang di zona merah nanti bisa kita prioritaskan tapi untuk saat ini kita tidak melakukan penggolongan prioritas terlebih dahulu," kata dia.

Baca juga: Sri Mulyani Sebut Lebih dari Separuh Penduduk RI Tersentuh Bansos, Bagaimana Rinciannya?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com