Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lawan Covid-19, Zilingo Ajak Masyarakat Donasi Solidaritas Pengadaan APD untuk Tenaga Medis

Kompas.com - 30/04/2020, 21:46 WIB
Farhanah,
Sri Noviyanti

Tim Redaksi


KOMPAS.com -
Platform teknologi Zilingo mengajak pengguna dan masyarakat untuk berdonasi membantu pengadaan Alat Pelindung Diri (APD) untuk tenaga medis Indonesia.

Gerakan itu dilakukan Zilingo berkolaborasi dengan platform crowdfunding Kitabisa.com.

“Zilingo memahami pentingnya peranan APD untuk melindungi para tenaga kesehatan yang bekerja tanpa henti, mempertaruhkan hidup mereka di tengah situasi genting saat ini,” ujar VP dan Country Head Zilingo Ade Yuanda Saragih dalam rilis yang diterima Kompas.com, Kamis (30/4/2020).

Ia juga menjelaskan, gelaran donasi juga sejalan dengan semangat bulan suci Ramadhan. Karenanya, mereka ingin masyrakat dapat berpartisipasi mendukung para tenaga medis dengan berdonasi.

“Ini merupakan hal terbaik yang dapat kita lakukan saat ini untuk menyemangati dan berperang bersama para pahlawan kita (tenaga medis) dalam melawan pandemi ini,” tambahnya.

Melalui inisiatif tersebut, Zilingo berharap dapat mengumpulkan total donasi senilai Rp 200 juta guna menanggulangi pemenuhan kebutuhan APD yang mendesak.

Masyarakat sudah dapat berdonasi mulai saat ini hingga Jumat (22/5/2020).

Laman donasi bersama Zilingo dan Kitabisa.com.Dok Humas Zilingo Laman donasi bersama Zilingo dan Kitabisa.com.

Adapun tautan donasi dapat diakses lewat laman ‘Donasi Solidaritas Lawan COVID-19 Bersama Zilingo’ dalam situs Zilingo Shopping dan Zilingo Trade.

Dalam laman itu, ada informasi untuk keperluan donasi, lalu klik tombol 'Donasi Sekarang' agar halaman pindah ke laman Kitabisa.com. Klik 'Donasi Sekarang' untuk melanjutkan donasi.

Seluruh donasi yang terkumpul nantinya akan disalurkan ke beberapa rumah sakit rujukan Covid-19 antara lain RSUP Cengkareng, RSUP Persahabatan, RSUP Fatmawati, RSUP Pasar Minggu, RSPI Sulianti Saroso, RSUP Sanglah Bali, RSUD Tarakan, RSUD Kanujoso Djatiwibowo Balikpapan, RSUP Kariadi, RS dr. Wahidin Sudirohusodo Makassar dan fasilitas kesehatan lainnya di Indonesia.

'Donasi Solidaritas Lawan COVID-19 Bersama Zilingo’ juga merupakan bagian dari kampanye #IndonesiaLawanCorona yang diselenggarakan oleh Kitabisa.com.

CEO Kitabisa.com Alfatih Timur mengatakan, untuk melawan pandemik ini perlu usaha dan kerja sama banyak pihak.

"Kami mengapresiasi inisiatif Zilingo yang menyediakan section khusus untuk memudahkan pelanggan Zilingo berdonasi ke Kitabisa.com. Semoga donasi yang terkumpul dari kolaborasi ini dapat bermanfaat bagi tenaga kesehatan dan keluarga rentan yang terdampak Covid-19," ujarnya.

Adapun jenis APD yang akan dipenuhi lewat donasi itu antara lain jas hazmat, masker N95, pelindung wajah, sarung tangan bedah, masker bedah, gaun medis, alas kaki medis, dan kacamata pelindung.

Hingga saat ini, keterbatasan APD bagi tenaga medis masih jadi fakta yang tak kalah membuat khawatir di samping penderita Covid-19 yang terus bertambah.

Para tenaga medis sebagai garda terdepan yang rentan terpapar virus, malah harus menanggung keterbatasan itu. Ada lebih dari 40 tenaga medis, dokter dan perawat sudah meninggal dunia.

Beberapa dari tenaga medis di banyak tempat juga dilaporkan terpaksa menggunakan bahan lainnya seperti jas hujan sebagai alternatif APD.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com