Januari-Maret 2020, Penjualan Starbucks di Dunia Turun 10 Persen

Kompas.com - 01/05/2020, 04:17 WIB
Ilustrasi toko kopi Starbucks. newsela.comIlustrasi toko kopi Starbucks.

NEW YORK, KOMPAS.com - Penjualan jaringan gerai kopi Starbucks di seluruh dunia dilaporkan merosot 10 persen pada periode Januari-Maret 2020.

Penurunan penjualan ini disebabkan pagebluk virus corona (Covid-19).

Dilansir dari CNN, Jumat (1/5/2020), penurunan penjualan terutama terjadi di China, di mana virus corona pertama kali muncul dan menyebar.

Baca juga: Tutup Gerai di 2 Negara akibat Corona, Starbucks Pastikan Karyawan Dapat Upah

Penjualan di gerai Starbucks di Negeri Tirai Bambu dilaporkan anjlok 50 persen selama periode Januari hingga Maret 2020 dibandingkan pada periode yang sama tahun sebelumnya.

Adapun di kawasan Amerika dan Amerika Serikat, penjualan di gerai Starbucks hanya turun 3 persen pada periode tersebut.

Dilaporkan, secara keseluruhan pendapatan bersih Starbucks anjlok 5 persen menjadi 6 miliar dollar AS atau setara sekira Rp 91,8 triliun (kurs Rp 15.303 per dollar AS).

Gerai-gerai Starbucks di banyak negara tutup akibat pagebluk virus corona.

Starbucks menutup sementara sekira separuh gerainya di Amerika Serikat, serta lebih dari 75 persen gerainya di Kanada, Jepang, dan Inggris.

Baca juga: Starbucks Berencana Investasi di Papua, Ini Penjelasan BKPM

Namun demikian, Starbucks sudah mulai kembali membuka gerainya di China. Saat ini, 98 persen gerai Starbucks di China sudah buka, namun dengan pembatasan area duduk.

"Kami mengekspektasikan penjualan di China membaik secara substansial," kata Starbucks dalam pernyataannya.

"Berdasarkan pengalaman substansial kami di China, kami terus meyakini bahwa dampak wabah virus corona bersifat temporer dan bisnis kami akan membaik secara penuh," imbuh pihak Starbucks.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X