Perlu Tukar Uang Pecahan Kecil untuk Lebaran? Datang Saja ke Sini

Kompas.com - 01/05/2020, 07:38 WIB
Ilustrasi rupiah KOMPAS.com / GARRY ANDREW LOTULUNGIlustrasi rupiah

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Indonesia ( BI) tidak menyediakan layanan penukaran uang melalui kas keliling pada Ramadhan kali ini akibat pandemi virus corona (Covid-19).

Kepala Departemen Pengelolaan Uang BI, Marlison Hakim mengatakan kegiatan penukaran eksternal uang periode Ramadhan 1440 H akan menyesuaikan situasi.

Lantas, bagaimana masyarakat bisa menukarkan uang ke pecahan kecil pada Ramadhan kali ini?

Baca juga: BI Siapkan Uang Tunai Rp 158 Triliun untuk Ramadhan dan Lebaran

Dia menuturkan, layanan penukaran uang masih bisa dilakukan melalui loket bank. Praktis layanan penukaran uang di Monas dan pasar tradisional tidak tersedia.

"Layanan penukaran uang kepada masyarakat yang biasanya disediakan melalui penyediaan penukaran di lokasi umum seperti Monas dan pasar tradisional, maka pada tahun ini hanya disediakan melalui loket di bank," kata Marlison dalam konferensi video, Kamis (30/4/2020).

Terkait hal itu, BI telah berkoordinasi dan meminta perbankan untuk melayani sekaligus menegakkan protokol pencegahan Covid-19 secara ketat saat penukaran uang.

Penukaran untuk masyarakat akan dilayani oleh 3.742 Kantor Cabang bank di seluruh Indonesia, yang terdiri atas 344 kantor cabang bank di Jabodetabek dan 3.398 kantor cabang bank di wilayah luar Jabodetabek.

Baca juga: BI Ogah Cetak Uang Tambahan untuk Suntik Likuiditas, Ini Alasannya

Penukaran uang dapat dilakukan mulai dari 29 April sampai 20 Mei 2020. 

"Dan ini seluruh bank sudah menyatakan komitmennya dan sudah siap," ungkap Marlison.

Sementara penukaran uang eksternal khususnya untuk mitra strategis, akan dilakukan secara wholesale baik di Bank Indonesia maupun di perbankan.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X