Kemenaker dan RS Siloam Beri Rapid Test Gratis untuk 1.000 Buruh

Kompas.com - 01/05/2020, 12:24 WIB
Rapid test gratis untuk 1.000 orang buruh di Jakarta, Jumat (1/5/2020). KOMPAS.com/KIKI SAFITRIRapid test gratis untuk 1.000 orang buruh di Jakarta, Jumat (1/5/2020).

JAKARTA, KOMPAS.com – Menyambut Hari Buruh Internasional, Kementerian Ketenagakerjaan ( Kemenaker) bersama PT Siloam Hospital Tbk (SILO) memberikan apresiasi kepada kaum buruh.

Caranya dilakukan dengan mengadakan rapid tes gratis kepada 1.000 orang buruh.

Kesepakatan kerja sama ini dituangkan dalam bentuk MoU kerja sama antara Kemenaker dan RS Siloam dan diteken oleh Menteri Tenaga Kerja Ida Fauziyah beserta Wakil Direktur Utama RS Siloam Caroline Riady dan disaksikan jajaran Kemenaker dan Siloam, di di Gedung Serba Guna, Kementerian Ketenagakerjaan, Jumat (1/4/2020).

Baca juga: Jelang May Day, Buruh Lakukan Kampanye Virtual dan Bakti Sosial

Ida mengatakan, pemberian Rapid Test kepada 1.000 buruh merupakan bentuk daripada apresiasi buruh dalam membangun negara dan ekonomi nasional.

Menurut Ida, buruh merupakan fondasi dasar yang berkontribusi terhadap kekuatan dan kemakmuran bangsa Indonesia.

“Untuk menekan penyebaran Covid-19, Kementerian Ketenagakerjaan bekerjasama dengan RS Siloam melakukan kegiatan rapid test bagi pekerja atau buruh. Tentunya pelaksanaan ini dilakukan dengan mematuhi ketentuan dan protokol pencegahan Covid-19,” kata Ida.

Ida juga mengatakan, di tahun ini pandemi Covid-19 memang berdampak pada aspek ketenagakerjaan.

Baca juga: Buruh Batal Demo pada 30 April 2020

Imbas Covid-19, terjadi peningkatan pekerja atau buruh yang dirumahkan atau mengalami PHK akibat kesulitan ekonomi yang dihadapi perusahaan.

Sementara itu, Wakil Direktur Utama RS Siloam, Caroline Riady mengatakan keberanian buruh untuk tetap bekerja selama pandemi Covid-19 perlu diberikan apresiasi.

Maka dari itu, sebagai upaya membantu pemerintah mengatasi kondisi pandemic Covid-19, RS Siloam berkomitmen turut serta berpartisipasi meberi bantuan.

“Khususnya bagi pekerja dan buruh esensial dan di garis depan bidang kesehatan yang telah melayani dengan keberanian di situasi pandemi Covid-19. Kami berpartisipasi dan ikut meringankan beban para pekerja dan buruh dengan menyatakan kepedulian kami,” tambah dia.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X