Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pantau Kerja Karyawan saat Work From Home, Cermati 4 Hal Ini

Kompas.com - 01/05/2020, 18:57 WIB
Kurniasih Budi

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Bekerja dari rumah atau work from home (WFH) kini menjadi bagian penting dari upaya memutus mata rantai penyebaran virus corona.

Tak tanggung-tanggung, demi memutus mata rantai persebaran virus mematikan itu, Presiden Joko Widodo sendiri yang mengambil kebijakan bagi rakyat Indonesia untuk tertib melakukan WfH.

"Kebijakan belajar dari rumah, bekerja dari rumah, dan ibadah di rumah perlu terus digencarkan untuk mengurangi pengurangan penyebaran Covid-19," ujar Presiden Joko Widodo saat memberikan konferensi jarak jauh, Senin (16/3/2020) lalu.

Bak gayung bersambut, saat ini, banyak perusahaan yang membuat kebijakan WFH bagi para karyawannya.

"Perusahaan mengandalkan teknologi untuk tetap menjalankan bisnis sekaligus memantau kerja karyawan selama WFH," kata CEO GreatDay HR Gordon Enns dalam keterangan tertulisnya, Jumat (1/5/2020).

Aplikasi pendukung

Gordon mengatakan perkembangan teknologi tentunya bisa memperluas pilihan bagi perusahaan mengelola bisnis dan karyawan.

Ia mencontohkan, kini sudah banyak aplikasi pengelola kinerja karyawan (human resources) dengan beragam fitur.

"Harganya pun variatif," katanya.

Aplikasi mobile GreatDay HR termasuk aplikasi karyawan yang memiliki semua fitur yang lengkap dan aman.GreatDay HR Aplikasi mobile GreatDay HR termasuk aplikasi karyawan yang memiliki semua fitur yang lengkap dan aman.
Ia melanjutkan, manajemen pengelolaan sumber daya manusia (SDM) atau HR sudah barang tentu mengenal Human Resource Information System (HRIS).

Sistem digital inilah yang biasanya digunakan untuk membantu manajemen SDM atau pemilik bisnis memantau kinerja karyawan.

Agar pemantauan menjadi efektif dan efisien, Gordon Enns menyampaikan empat hal yang bisa dicermati manajemen SDM dan pemilik bisnis.

1. Pastikan aplikasi HR sediakan uji coba gratis

Uji coba gratis atau free trial sangat berguna. Pasalnya, selain untuk mempelajari ragam fitur yang disediakan, konsumen juga bisa langsung mengetahui apakah aplikasi tersebut mudah untuk digunakan.

2. Pastikan aplikasi HR lengkap

Beragamnya kandungan di dalam aplikasi HR harus diukur dengan kebutuhan perusahaan.

Penggunaan aplikasi HR atau aplikasi karyawan tentunya mesti mendatangkan beberapa kemudahan seperti adanya data atau rekam kehadiran karyawan selama di rumah dan rekam aktivitas kinerja karyawan yang bisa terus diawasi oleh pihak manajemen.

"Itu yang dimaksud lengkap," ujarnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com