Pendapatan Negara Diprediksi Hanya Rp 1.650 Triliun Pada 2020

Kompas.com - 02/05/2020, 19:01 WIB
ilustrasi rupiah thikstockphotosilustrasi rupiah
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Pendapatan negara diprediksi turun dari tahun lalu akibat tekanan pandemi Covid-19.

Pengamat Fiskal Awalil Rizky mengatakan, pendapatan negara bakal turun lebih dalam dibandingkan proyeksi Menteri Keuangan Sri Mulyani. Ia memproyeksikan, pendapatan negara hanya Rp 1.650 triliun pada 2020.

"Kita harus mengira pemerintah cuma punya pendapatan Rp 1.650 triliun," ujarnya dalam sebuah seminar virtual, Sabtu (2/5/2020).

Baca juga: Polemik 500 TKA China, Pengusaha Merasa Miris, Pemerintah Dicap Inferior

Menurutnya, hal tersebut diakibatkan berbagai stimulus yang digelontorkan pemerintah, utamanya dalam bentuk insentif perpajakan.

Dengan skenario tersebut, diperkirakan penerimaan pajak sebesar Rp 1.400-1.462 triliun dan jika PPN juga dibebaskan pemerintah maka pendapatan pajak hanya sebesar Rp 1.150 triliun.

"Jadi PPN nyaris tidak mungkin, kita bungkus Rp 1.400 triliun. PNBP jelas turun, sebelumnya diperkirakan Rp 160,4 triliun lalu di outlook pemerintah turunkan jadi Rp 82,2 triliun dengan asumsi harga minyak 30 dollar AS," tutur Awalil.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Harga BBM Belum Turun, Dahlan: Sedekah Terbesar Kita ke Pertamina

Selain itu, dari sisi pembelanjaan negara, pagu anggarannta justru meningkat guna merespon pandemi Covid-19.

Kendati pemerintah mengupayakan adanya penghematan, namun angka belanja secara total diprediksi masih akan naik, diikuti defisit anggaran yang semakin melebar.

"Pemerintah menurut dugaan saya itu akan mengalami defisit Rp950 triliun pada 2020, jadi sudah hampir 2,5 kali lipat lebih," ucapnya.

Baca juga: Daftar Pelanggan PLN yang Dapat Listrik Gratis dari Pemerintah

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.