Venezuela Kirim 9 Ton Cadangan Emasnya ke Iran, Buat Apa?

Kompas.com - 03/05/2020, 03:13 WIB
Ilutrasi emas batangan ThinkstockIlutrasi emas batangan

NEW YORK, KOMPAS.com - Venezuela dilaporkan mengirimkan berton-ton cadangan emasnya ke Iran.

Ini terjadi di tengah krisis finansial yang dialami Venezuela dan kebutuhan untuk menyelamatkan industri minyak negara itu.

Dilansir dari Bloomberg, Minggu (3/5/2020), sumber menyatakan para pegawai pemerintah Venezuela memasukkan 9 ton cadangan emas setara nilai 500 juta dollar AS atau sekira Rp 7,4 triliun (kurs Rp 14.860 per dollar AS) ke dalam pesawat tujuan Teheran, Iran.

Baca juga: Cadangan Devisa di Bank Sentral Venezuela Tinggal 6,11 Miliar Dollar AS, Kok Bisa?

Cadangan emas tersebut digunakan sebagai pembayaran atas bantuan Iran dalam membangkitkan kembali fasilitas pemurnian bahan bakar minyak (BBM) milik Venezuela.

Pengiriman cadangan emas tersebut membuat cadangan devisa Venezuela semakin menipis. Kabarnya, cadangan devisa Venezuela kini tinggal 6,3 miliar dollar AS atau setara sekira Rp 93,8 triliun.

Angka tersebut merupakan angka cadangan devisa terendah Venezuela dalam 30 tahun.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Venezuela dan Iran menjalin kerja sama lebih erat lantaran keduanya sama-sama menghadapi sanksi yang dijatuhkan oleh Amerika Serikat.

Baca juga: Ekspor Minyak Venezuela Melonjak, Berkat Penjualan ke Asia

Selain itu, pagebluk virus corona pun membuat harga minyak dunia anjlok secara dramatis. Minyak adalah sumber pendapatan utama, baik bagi Iran maupun Venezuela.

Bagi Iran, kerja sama dengan Venezuela memberikan sumber dana segar. Adapun bagi Venezuela, kerja sama ini memastikan pasokan BBM tidak habis.

Halaman:


Sumber Bloomberg
Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X