IHSG Awal Pekan Bakal Terkoreksi, Ini Sentimennya

Kompas.com - 03/05/2020, 10:02 WIB
Ilustrasi IHSG KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNGIlustrasi IHSG

JAKARTA, KOMPAS.com – Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) awal pekan ini diproyeksikan bakal mengalami koreksi tipis.

IHSG sebelumnya berhasil bergerak di zona hijau sepanjang hari dan ditutup melesat 3,26 persen pada level 4.716,4.

Direktur Anugerah Mega Investama, Hans Kwee mengatakan akhir pekan Jumat (1/5/2020) pasar ditutup positif dengan aksi ambil untung oleh pelaku pasar.

 

Baca juga: Betah di Zona Hijau, IHSG Ditutup Melesat 3,26 Persen

Hal ini menyebabkan indeks bisa terkoresi di awal pekan, Senin (4/5/2020).

“Pasar menutup akhir bulan dengan berbagai sentiment positif. Terlihat kenaikan mulai di ikuti aksi ambil untung pelaku pasar. Awal pekan pasar berpeluang tekoreksi tetapi mungkin akan menguat di akhir pekan,” kata Hans, Sabtu (2/5/2020).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Hans menilai, penguatan indeks yang terjadi akhir pekan terdorong berita positif terkait dengan kebijakan quantitative easing oleh Bank Indoneia.

Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo mengatakan jumlah likuiditas yang telah digelontorkan atau Quantitative Easing (QE) telah mencapai Rp 503,8 triliun dengan tambahan dari pelonggaran Giro Wajib Minimum (GWM) dan Rasio Intermediasi Makroprudensial (RIM) sebesar Rp 117,8 triliun per Mei 2020.

Baca juga: Lanjutkan Penguatan, IHSG Melaju di Atas Level 4.650

QE pada periode Januari hingga April 2020 sebesar Rp 386 triliun yang bersumber dari pembelian SBN di pasar sekunder dari investor asing sebesar Rp 166,2 triliun dan term repo perbankan sebesar Rp137,1 triliun.

Kemudian, penurunan Giro Wajib Minimun (GWM) rupiah di bulan Januari dan April 2020 sebesar Rp53 triliiun dan swap valuta asing sebesar Rp29,7 triliun.

“Restrukturisasi kredit perbankan yang dilakukan oleh OJK akan sangat membantu sehingga dana QE dari BI bisa mengalir ke sektor rill,” kata Hans.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.