Dijamin Pemerintah, Salon hingga Kedai Kopi di Inggris Dapat Kredit Berbunga Rendah

Kompas.com - 04/05/2020, 10:40 WIB
Ilustrasi Inggris ThinkstockIlustrasi Inggris

LONDON, KOMPAS.com - Pemerintah Inggris mulai memberlakukan kebijakan mengenai skema pinjaman dengan jaminan pemerintah untuk membantu bisnis kecil yang tak bisa beroperasi akibat lockdown di negara itu.

Dengan kebijakan kredit yang dijamin pemerintah tersebut, salon, kedai kopi hingga toko bunga di Inggris bisa mendapatkan dana darurat tunai yang merupakan pinjaman dari bank dengan nilai 2.500 dollar AS hingga 62.500 dollar AS atau sekitar Rp 35 juta hingga Rp 875 juta (kurs Rp 14.000).

Dikutip dari Reuters, sebelumnya Menteri Keuangan Inggris Rishi Sunak menentang pemberian pinjaman komersil dengan jaminan 100 persen dari pemerintah. Namun dengan besarnya tekanan untuk memberikan insentif lebih kepada industri kecil, dirinya mengumumkan stimulus tersebut pada 27 April lalu.

Baca juga: Dampak Corona, Inggris Gelontorkan Rp 25,6 Triliun untuk Startup

Dengan skema pinjaman tersebut, debitur UMKM bisa mendapatkan pinjaman dengan bunga flat 2,5 persen. Bank yang memberikan pinjaman pun tidak diwajibkan melakukan pemeriksaan kredit atau menilai kelayakan jangka panjang debitur yang bersangkutan.

"Bisnis kecil akan menjadi kunci dalam membuka lapangan kerja dan mengamankan pertumbuhan ekonomi seiring dengan perbaikan dari dampak pandami virus corona ini," ujar Sunak dalam keterangannya.

"Skema pinjaman Bounce Back ini akan memastikan mereka mendapatkan pembiayaan yang dibutuhkan untuk bisa kembali tumbuh dan melindungi lapangan kerja," ujar dia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sebagian besar pelaku usaha di Inggris harus menutup usahanya mulai 23 Maret lalu. Kala itu, pemerintah secara resmi memberlakukan kebijakan social distancing untuk mengurangi persebaran virus. Pemerintah memproyeksikan, perekonomian Inggris bisa terkontraksi hingga 35 persen di kuartal II akibat Covid-19.

Sebelumnya, pemerintah Inggris bulan lalu juga mengumumkan kebijakan skema pembiayaan seilai 330 miliar poundsterling, yang mencakup 5 juta poundsterling untuk UMKM dengan jaminan dari pemerintah sebesar 80 persen.

Namun banyak pelaku usaha yang menyatakan mereka kesulitan mendapatkan persetujuan dari bank dan menekan Sunak untuk memberikan jaminan sepenuhnya dari pemerintah.

Baca juga: Ini Syarat bagi UMKM yang Ingin Dapat Kelonggaran Kredit dari Sri Mulyani



Sumber Reuters
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.