Mudik Dilarang, Masih Ada Layanan Pengiriman Oleh-oleh ke Kampung

Kompas.com - 04/05/2020, 18:05 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Direktur Mohamad Feriadi PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir (JNE) memastikan pelayanan pengiriman barang selama Ramadhan dan Idul Fitri akan tetap optimal meskipun dilakukan pembatasan sosial seiring mewabahnya pandemi Covid-19.

Oleh sebab itu pihaknya telah menerapkan beberapa langkah preventif untuk tetap mendistribusikan pengiriman barang dan mencegah penyeberan Covid-19.

“Untuk aspek keamanan, kami punya protokol untuk mengurangi dampak penyebaran Covid-19 yaitu memastikan karyawan selalu diukur suhu tubuh, menggunakan masker dan cairan pembersih tangan serta mengkonsumsi multivitamin. Demikian juga kalau customer datang ke counter akan menjalani prosedur yang sama," ujarnya dalam keterangan resmi yang diterima Kompas.com, Senin (4/5/2020).

Baca juga: Penyaluran Bansos Covid-19 Perlu Diawasi, Mengapa?

Sementara untuk barang kiriman, lanjut Feriadi JNE selalu melakukan penyemprotan menggunakan cairan disinfektan untuk meminimalisasi penyebaran virus Covid-19.

Selain itu, JNE juga tetap melayani pengiriman barang ke seluruh wilayah di Indonesia meski saat ini terjadi pengurangan jumlah penerbangan.

Hal itu dikarenakan bisnis jasa pengiriman barang menjadi salah satu bidang usaha yang dikecualikan dari pembatasan sosial atas rekomendasi Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo).

Baca juga: Sri Mulyani Sebut Ekonomi RI Masih Bisa Tumbuh 4,7 Persen, Kok Bisa?

“Kami memiliki layanan pengiriman barang melalui darat menggunakan truk yang menjangkau seluruh Jawa dan Bali serta sebagian Sumatera, untuk mengimbangi layanan pengiriman melalui jasa penerbangan,” kata Feriadi.

Selama Ramadhan yang menjadi salah satu peak season jasa pengiriman, JNE optimis pertumbuhan bisnis bisa mencapai 20 persen meski capaian itu dinilai lebih rendah dibandingkan capaian pada Ramadan sebelumnya yakni sebesar 30 persen.

Bagi masyarakat yang tidak bisa melakukan mudik menyambut hari raya, JNE pun memberikan layanan Pesona atau Pesanan Oleh-oleh Nusantara hasil kerja sama dengan 2.000 usaha kecil kuliner di berbagai daerah dengan lebih dari 6.000 varian makanan.

"Melalui layanan ini, pelanggan bisa mengirimkan oleh-oleh bagi kerabatnya di mana saja, tanpa harus melakukan mudik ke kampung halaman," pungkasnya.

Baca juga: Ini Daftar Promo Pertamina, Ada Cashback 50 Persen

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.