Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pandemi Covid-19, Perusahaan Perlu Cermati Tiga Hal Ini

Kompas.com - 04/05/2020, 20:59 WIB
Kurniasih Budi

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Pandemi corona sudah barang tentu membawa dampak bagi banyak lapisan masyarakat.

Sedikit banyak, kebijakan Pembatasan Sosial Skala Besar (PSBB) di Jakarta sejak 10 April 2020 untuk menghambat penyebaran virus corona dirasakan para pelaku ekonomi dan warga masyarakat sekitar.

Saat ini, tidak sedikit perusahaan yang harus menghentikan operasional perusahaan sampai waktu yang belum ditentukan. Lantaran itulah, banyak pekerja nasibnya kini sedang tidak menentu.

Menghadapi hal itu, kata Senior Sales General Manager PT Sharp Electronics Indonesia (SEID), Andri Adi Utomo ), mengatakan pandemi Covid-19 menimbulkan tantangan bagi perusahaan untuk menunjukkan kepedulian.

"Kami berinisiatif melakukan aksi nyata," kata Andri dalam pernyataan tertulis, Senin (4/5/2020).

Senior Sales Manager Sharp Indonesia Andri Adi Utomo (kiri), pada Kamis (30/4/2020), memberikan bantuan sembako bagi warga masyarakat yang diterima Sekretaris Kelurahan Kelapa Gading Timur Jakarta Utara Yesni Fisdiyanti (kanan) melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) Bakti Untuk Negeri.Sharp Indonesia Senior Sales Manager Sharp Indonesia Andri Adi Utomo (kiri), pada Kamis (30/4/2020), memberikan bantuan sembako bagi warga masyarakat yang diterima Sekretaris Kelurahan Kelapa Gading Timur Jakarta Utara Yesni Fisdiyanti (kanan) melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) Bakti Untuk Negeri.
Secara rinci, Andri membeberkan aksi perusahaan berupa pembagian sembako bagi warga terdampak corona di dua kelurahan di Jakarta yakni Kelapa Gading Timur dan Koja.

Adapun total bantuan yang disalurkan ada 500 paket. Paket itu ditujukan kepada para lansia, orangtua tunggal dengan penghasilan minimum, tukang ojek, dan buruh pelabuhan.

Tentang program kepedulian itu, Andri mengatakan ada tiga hal yang bisa dicermati perusahaan di tengah kondisi wabah seperti ini.

Pertama, perusahaan harus memiliki kepedulian terhadap sesama.

Kedua, perusahaan harus memiliki kepedulian terhadap stabilitas industri.

"Ketiga, perusahaan harus peduli terhadap lingkungan," kata Andri sembari menambahkan bahwa ketiga hal di atas sudah diaplikasikan dalam gerakan Sharp Cares.

Sementara itu, Andri menambahkan, kepedulian seperti di atas tumbuh di Sharp sejalan dengan pengalaman lebih dari 50 tahun berada di Indonesia.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com