Perusahaan Merespon PSBB dengan Kolaborasi Sosial

Kompas.com - 04/05/2020, 22:03 WIB
Ilustrasi Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) TOTO SIHONOIlustrasi Pemutusan Hubungan Kerja (PHK)

KOMPAS.com - Sedikit banyak, kebijakan Pembatasan Sosial Skala Besar (PSBB) di Jakarta sejak 10 April 2020 untuk menghambat penyebaran virus corona berimbas pada pelaku ekonomi.

Saat ini, tidak sedikit perusahaan yang harus menghentikan operasional perusahaan sampai waktu yang belum ditentukan.

Lantaran itulah, banyak pekerja nasibnya kini sedang tidak menentu.

Data Kementerian Tenaga Kerja per 19 April 2020 menunjukkan, sekitar 1,9 juta pekerja di 11 daerah yang menerapkan PSBB di seluruh Indonesia, termasuk Jakarta, terkena pemutusan hubungan kerja ( PHK) lantaran corona.

"Saya berharap PHK sebagai jalan terakhir sepanjang masih bisa mempekerjakan mereka dengan mengurangi shift, jam kerja, waktu kerja. Sebagian bekerja, sebagian tidak, itu menurut saya menjadi pilihan," kata Menteri Tenaga Kerja Ida Fauziyah.

ilustrasi maskershutterstock ilustrasi masker

Sebagai bentuk kepedulian untuk mengurangi beban para pekerja baik di sektor formal maupun informal di Jakarta, Forum CSR (Tanggung Jawab Sosial Perusahaan) DKI Jakarta dan Pemprov DKI Jakarta membentuk kerja sama.

Nama program kerja sama itu adalah Kolaborasi Sosial Berskala Besar (KSBB).

"Kami melibatkan mitra dari dunia usaha untuk menyalurkan donasi," kata Sekretaris Jenderal Forum CSR DKI Jakarta Rio Widyandaru dalam keterangan tertulisnya, Senin (4/5/2020).

Pada Sabtu pekan lalu, kata Rio, pihaknya mendonasikan bantuan dari perusahaan dan organisasi olahraga yang diterima secara simbolis oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Riza Patria.

Rio memerinci, donasi-donasi itu berasal dari PT Rifan Financindo Berjangka (200 paket sembako), Persatuan Golf Indonesia DKI Jakarta (1.000 paket sembako), PT TEP - Migas Thailand (10.000 masker dan 1.500 pakaian APD), Bank Indonesia DKI Jakarta (20.000 masker), dan Baitul Maal Hidayatullah (10.000 masker).

"Kami membantu tenaga kesehatan dan saudara-saudara kita yang kurang mampu, agar dapat bersama-sama mencegah penyebaran Covid-19 sekaligus melindungi warga Jakarta," katanya.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X