Agar Tetap Fokus Saat Kerja dari Rumah, Lakukan 5 Hal Ini

Kompas.com - 05/05/2020, 10:14 WIB
Ilustrasi seseorang melakukan kerja dari rumah atau work from home (WHF). SHUTTERSTOCK/LIGHTFIELD STUDIOSIlustrasi seseorang melakukan kerja dari rumah atau work from home (WHF).

NEW YORK, KOMPAS.com - Pagebuk virus corona menciptakan perubahan besar dalam lingkungan kerja.

Guna menghindari penyebaran virus, perusahaan-perusahaan di seluruh dunia menerapkan kebijakan kerja dari rumah alias work from home ( WFH).

Dengan demikian, pegawai tak perlu ke kantor dan dapat bekerja dengan waktu yang lebih fleksibel.

Baca juga: Jerman Susun Aturan yang Mungkinkan Karyawan Kerja dari Rumah Usai Corona

Selama hampir dua bulan penerapan WFH, tidak sedikit pegawai yang merasa semangatnya mulai mengendur. Selain itu, rasa bosan karena terus berada di rumah juga tak bisa dilawan.

Jangan patah semangat. Dilansir dari Popsugar, Selasa (5/5/2020), berikut 5 hal yang dapat Anda lakukan agar tetap fokus saat kerja dari rumah.

1. Bersyukur

Di tengah situasi pandemi saat ini, kurangilah mengeluh tentang betapa bosannya bekerja di rumah. Hilangkan pola pikir "Betapa enaknya tidak bekerja."

Coba pikirkan banyaknya orang yang harus dirumahkan, dipotong gajinya, atau bahkan kehilangan pekerjaan akibat virus corona. Bayangkan bagaimana nasib mereka di saat sulit seperti ini.

Baca juga: Kebijakan Kerja dari Rumah Bikin Perusahaan Kian Memikat bagi Pegawai?

Oleh karena itu, mulailah hari dengan bersyukur tentang apa yang Anda peroleh secara umum. Misalnya, Anda tetap dapat bangun di pagi hari, tetap sehat, dan tetap memiliki penghasilan.

Olahraga sebisa mungkin, konsumsi makanan sehat, tenangkan pikiran, meditasi, dan berdoa. Sering bersyukur dapat menghindarkan Anda dari risiko kehilangan motivasi dan inspirasi.

2. Buat dan patuhi jadwal

Karena kerja dari rumah membuat Anda memiliki jam kerja yang relatif fleksibel, maka pastikan Anda bekerja dengan waktu yang pasti.

Sebab, waktu berjalan cepat dan Anda bisa tak sadar telah bekerja dalam waktu yang lama.

Oleh sebab itu, penting untuk membuat jadwal kerja dan mematuhinya. Apakah Anda menetapkan durasi bekerja selama 8 jam langsung atau disertai jeda, pastikan Anda menetapkan sesuai kebutuhan dan kemampuan.

Baca juga: Begini Cara Meningkatkan Koneksi Bisnis Anda meski Kerja dari Rumah

Pastikan pula jam kerja sesuai dengan jam biologis Anda. Jika Anda dapat fokus bekerja di pagi hari, maka sesuaikan.

Begitu pula jika Anda merasa lebih produktif ketika bekerja di malam hari.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Sumber Popsugar
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X