Nasabah Tajir Rajin Menabung, Nasabah Menengah Bawah Makan Tabungan

Kompas.com - 05/05/2020, 14:07 WIB
Menabung dapat mendatangkan banyak keuntungan, baik bagi diri sendiri, orang lain, maupun negara. Dok. HaloMoney.co.idMenabung dapat mendatangkan banyak keuntungan, baik bagi diri sendiri, orang lain, maupun negara.

JAKARTA. KOMPAS.com - Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) mencatat, sepanjang kuartal I-2020, simpanan nasabah bernilai di atas Rp 5 miliar tumbuh paling tinggi mencapai 9,2 persen year to date (ytd) dengan nilai Rp 3.065 triliun.

Sementara nilai simpanan di bawah Rp 100 juta mencatat perlambatan paling tinggi, yakni turun 3 persen secara ytd dengan nilai Rp 857 triliun. Untuk simpanan berkisar Rp 100 juta hingga di bawah Rp 1 miliar menurun.

Ketua Dewan Komisioner LPS, Halim Alamsyah mengatakan, yang menopang pertumbuhan simpanan di atas Rp 5 miliar adalah dana milik pemerintah dan juga dana milik korporasi.

Baca juga: Toko Swalayan Ini Beri Diskon Belanja 50 Persen untuk Tenaga Medis hingga Polisi

"Peningkatan dana di atas Rp 5 miliar lebih banyak didorong oleh penempatan dana oleh pemerintah kepada kementerian, dan pemerintah daerah. Ini juga didorong oleh penempatan dana oleh korporasi," kata Halim kepada KONTAN, Senin (4/5/2020).

Tapi ada kemungkinan juga penabung individu. Ekonom Indef Bhima Yudhistira melihat ada indikasi kelas di sini.

"Kelas atas cenderung menabung dan menahan belanja. Sementara kelas menengah bawah mengambil simpanan untuk memenuhi kebutuhan jangka pendek mereka. Hal ini seiring dengan berkurangnya pendapatan dan kehilangan pekerjaan," terangnya. (Anggar Septiadi | Ahmad Febrian)

Baca juga: Akibat Corona, Jumlah Penduduk Miskin RI Bisa Capai 37,9 Juta Orang

Artikel ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul: Nasabah tajir rajin menabung, nasabah menengah bawah mulai makan tabungan



Sumber
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X