Lelang Sukuk, Pemerintah Hanya Dapat Rp 5,5 Triliun

Kompas.com - 05/05/2020, 17:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah kembali melanjutkan jadwal lelang surat berharga negara. Hari ini, Surat Berharga Negara Syariah (SBSN) atau sukuk yang dilelang oleh pemerintah. 

Berdasarkan siaran pers Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko (DJPPR) Kementerian Keuangan di Jakarta, Selasa (5/5/2020), pemerintah hanya mendapatkan Rp 5,5 triliun dari lelang sukuk.

Padahal sebelumnya pemerintah menyampaikan bahwa target indikatif lelang sukuk tersebut mencapai Rp 8 triliun.

Baca juga: Hutama Karya Terbitkan Surat Utang Global Rp 9 Triliun, Buat Apa?

Tercatat ada 5 seri sukuk yang dilelang yakni SPNS06112020, PBS002, PBS026, PBS007 dan PBS005. Dari kelimanya, seri sukuk yang paling banyak tawaran yakni PBS007 yakni Rp 6,2 triliun.

Meskipun begitu, nomonal lelang yang dimenangkan yakni hanya 5,5 triliun.

Rencananya pemerintah juga akan membuat lelang sukuk tambahan pada Rabu (6/5/2020). Ada dua seri sukuk yang akan dilelang yakni PBS002 dan PBS026.

Adapun pelaksanaan lelang tambahan dapat diikuti oleh Bank Indonesia, LPS dan/atau dealer utama yang menyampaikan penawaran pembelian dalam lelang SBSN tanggal 5 Mei 2020.

Baca juga: Ahok Kenang Didi Kempot, Kejutan dan Sepasang Boneka

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.