Microsoft Rela Kucurkan Rp 15 Triliun ke Polandia, untuk Apa?

Kompas.com - 05/05/2020, 20:00 WIB
Logo di kantor Microsoft reuters.comLogo di kantor Microsoft
|

KOMPAS.com - Perusahaan multinasional Asal AS, Microsoft berencana menginvestasikan dana sebesar 1 miliar dollar AS atau Rp 15 triliun (kurs Rp 15.000) di Polandia.

Dikutip Reuters, Selasa (5/5/2020), investasi itu merupakan bagian dari rencana pembukaan pusat data di negara itu. Negara itu berencana menyediakan layanan cloud untuk bisnis dan lembaga pemerintah.

Dalam pernyataannya, Microsoft mengaku telah menandatangani kesepakatan dengan penyedia cloud domestik Chmura Krajowa (National Cloud) untuk menyediakan layanan cloud di Polandia.

Baca juga: BPJS Kesehatan Bandingkan Tak Sepadannya Biaya Cuci Darah dengan Iuran Peserta

Sebab, negara Eropa tengah itu berupaya memposisikan dirinya sebagai pusat regional untuk teknologi.

Perdana Menteri Polandia Mateusz Morawiecki mengatakan, investasi dari Microsoft di Polandia akan sangat penting bagi perusahaan, lembaga publik, dan sistem pendidikan.

"Investasi akan memungkinkan mereka (lembaga dan institusi) untuk mengubah ke layanan digital dan menerapkan standar kerja baru," kata Mateusz Morawiecki dikutip Reuters, Selasa.

Baca juga: YLKI Usul 15 Persen Pelanggan Listrik 1.300 VA Diberi Diskon Tarif

Sebagai informasi, Chmura Krajowa (National Cloud) dibentuk pada tahun 2018 oleh bank terbesar Polandia, yakni PKO Bank Polski dan Dana Pengembangan Polandia (PFR).

Tujuan utamanya adalah mempercepat digitalisasi bisnis dan administrasi publik.

Kemitraan dengan Microsoft akan berlangsung selama 7 tahun dan akan melibatkan alias melatih orang-orang di Polandia dalam teknologi berbasis cloud.

Baca juga: Ahok Kenang Didi Kempot, Kejutan dan Sepasang Boneka



Sumber Reuters
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X