Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pandemi Corona, Pengajuan Izin Usaha Sektor Kesehatan Terus Bertambah

Kompas.com - 05/05/2020, 22:00 WIB
Ade Miranti Karunia,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Dua bulan setelah wabah virus corona (Covid-19), Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) melaporkan iklim berusaha di Indonesia masih menunjukkan sentimen positif.

Berdasarkan data Komando Operasi dan Pengawalan Investasi Badan Koordinasi Penanaman Modal (Pusat Kopi BKPM), jumlah pemohon Izin Operasional/Komersial (IOK) periode 1-30 April 2020  mencapai 23.487 atau naik hingga 26,5 persen dari bulan Maret yang tercatat sebesar 18.561.

Nilai IOK ini bahkan tertinggi sejak bulan Januari 2020.

Dari sisi sektor, IOK Kementerian Kesehatan kembali menjadi yang terbanyak pada bulan April 2020 dengan jumlah pemohon 5.444. Kemudian disusul Kementerian Perdagangan 2.718, BPOM 2.535, Kementerian ESDM 1.793, dan Kementerian Perhubungan 1.158 IOK.

Baca juga: BKPM Sebut Maluku Utara Kini Jadi Incaran Investor Asing

“Ini kabar positif yang harus diketahui masyarakat, bahwa pemerintah dan dunia usaha bekerja sama untuk memerangi Covid-19,” ujar Juru Bicara BKPM Tina Talisa melalui keterangan tertulis, Selasa (5/5/2020).

Data IOK ini berasal dari pengajuan perusahaan yang melakukan "self-declared" dalam sistem perizinan berusaha terintegrasi secara elektronik atau Online Single Submission (OSS) sehingga bersifat dinamis.

Pada Januari 2020, jumlah pemohon IOK tercatat 18.955. Kemudian naik menjadi 21.866 pemohon pada bulan Februari. Kemudian kembali turun menjadi 18.561 pemohon di bulan Maret saat pandemi Covid-19 mulai melanda di Indonesia. 

Baca juga: Kepala BKPM Minta Investor Genjot Produksi Alat Kesehatan

Sejak pandemi terjadi, pemerintah sudah menyiapkan beberapa stimulus untuk mempertahankan roda perekonomian.

Salah satu yang digenjot oleh BKPM adalah pemberian kemudahan perizinan bagi pelaku usaha di bidang kesehatan, baik itu produsen maupun distributor alat kesehatan (alkes) serta impor bahan baku.

BKPM mendorong pengusaha alkes untuk menambah suplai dalam penanganan Covid-19, namun tetap memantau konsistensi kegiatan investasi di sektor lainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com