Ini Cara Bukalapak Lindungi Data Pribadi Penggunanya

Kompas.com - 06/05/2020, 12:32 WIB
Achmad Zaky (Co-founder Bukalapak) dengan CEO Bukalapak yang baru, Rachmat Kaimuddin. BukalapakAchmad Zaky (Co-founder Bukalapak) dengan CEO Bukalapak yang baru, Rachmat Kaimuddin.
|

JAKARTA, KOMPAS.com - CEO Bukalapak Rachmat Kaimuddin menegaskan saat ini data konsumen pengguna di Bukalapak aman.

"Perlu untuk ditegaskan data konsumen aman di Bukalapak," ujarnya dalam keterangan resmi yang diterima Kompas.com, Rabu (6/5/2020).

Rachmat mengatakan Bukalapak selalu mengimplementasikan berbagai upaya demi meningkatkan keamanan dan kenyamanan para penggunanya, serta memastikan data-data pengguna untuk tidak disalahgunakan.

Baca juga: Menhub: Beruntunglah Bapak-Bapak Menjadi Anggota DPR

Saat ini, lanjut Rachmat, ada beberapa langkah yang dilakukan Bukalapak secara intensif untuk tetap menjaga kemanan data penggunanya.

Pertama, Bukalapak menggunakan metode https sehingga data yang masuk tidak mudah diretas.

Kedua, Bukalapak mengatakan menerapkan metode perlindungan data termutakhir dengan perlindungan berlapis.

Baca juga: Telur Ayam Infertil Dilarang Dijual di Pasar, Tak Layak Konsumsi?

Ketiga, Bukalapak memonitor data secara ketat sehingga jejak orang yang mengakses, membaca, mengganti atau menghapus data akan terekam secara baik.

Selain itu untuk data-data yang bersifat sensitif misalnya KTP, Bukalapak selalu menyimpannya di tempat yang khusus dan dalam periode waktu akan terhapus secara otomatis untuk melindungi privasi para penggunanya.

"Sebagai mitra jutaan UMKM, kami akan berupaya sekuat tenaga guna memastikan bangsa Indonesia dapat terus memiliki pilihan dan kesempatan untuk semua orang supaya bisa hidup lebih baik," pungkasnya.

Baca juga: BPK Soroti Pengelolaan Utang Pemerintahan Jokowi

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.