Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Akibat Corona, Disney Kehilangan 1,4 Miliar Dollar AS Kuartal Pertama 2020

Kompas.com - 06/05/2020, 16:03 WIB
Elsa Catriana,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

Sumber Bloomberg

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu perusahaan hiburan terbesar di dunia yaitu Walt Disney Co baru saja dikabarkan kehilangan pendapatan sebesar 1,4 miliar dollar AS pada kuartal pertamannya (Q1) di tahun ini.

Akibatnya laba perusahaan jatuh 91 persen menjadi 475 juta dollar AS pada periode Januari-Maret.

Mengutip Bloomberg, Rabu (6/5/2020), hal ini disebabkan karena dampak dari pandemi yang membuat sejumlah taman bermain sepi pengunjung dan ditutup sementara.

Namun pihak Disney mengaku optimistis bahwa perusahaannya bisa melewati krisis ini.

"Kami masih percaya kami bisa menghadapi masalah tersebut dan bisa segera terlepas dari dampak ekonomi yang ditimbulkan," kata Chief eksekutif Disney Bob Chapek.

Baca juga: Terdampak Corona, Disney Tidak Bayar Gaji 100.000 Karyawannya

Disney telah mengambil berbagai langkah untuk memangkas biaya termasuk pengurangan gaji eksekutif dan cuti untuk pekerja.

Pada hari Selasa yang lalu perusahaan mengatakan akan menghapus pembayaran dividen bulan Juli dan menghemat sekitar 1,6 miliar dollar AS dan memotong belanja modal sebesar 900 juta dollar AS.

Kerugian pada kuartal tersebut dikurangi dengan kredit pajak karyawan sebesar 150 juta Dollar AS yang merupakan bantuan dari Undang-Undang Corona Virus Federal.

Disney juga menawarkan beberapa langkah jangka pendek untuk bisnis taman hiburannya dan berencana membuka resortnya di Sanghai pada tanggal 11 Mei nanti.

"Kami melihat tanda-tanda yang menggembirakan dari pengembalian bertahap melihat beberapa kemiripan situasi normal di China," tutup Chappek.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Bloomberg
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com