Akibat Corona, Disney Kehilangan 1,4 Miliar Dollar AS Kuartal Pertama 2020

Kompas.com - 06/05/2020, 16:03 WIB
Disneyland pixabay.com/HenningEDisneyland

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu perusahaan hiburan terbesar di dunia yaitu Walt Disney Co baru saja dikabarkan kehilangan pendapatan sebesar 1,4 miliar dollar AS pada kuartal pertamannya (Q1) di tahun ini.

Akibatnya laba perusahaan jatuh 91 persen menjadi 475 juta dollar AS pada periode Januari-Maret.

Mengutip Bloomberg, Rabu (6/5/2020), hal ini disebabkan karena dampak dari pandemi yang membuat sejumlah taman bermain sepi pengunjung dan ditutup sementara.

Namun pihak Disney mengaku optimistis bahwa perusahaannya bisa melewati krisis ini.

"Kami masih percaya kami bisa menghadapi masalah tersebut dan bisa segera terlepas dari dampak ekonomi yang ditimbulkan," kata Chief eksekutif Disney Bob Chapek.

Baca juga: Terdampak Corona, Disney Tidak Bayar Gaji 100.000 Karyawannya

Disney telah mengambil berbagai langkah untuk memangkas biaya termasuk pengurangan gaji eksekutif dan cuti untuk pekerja.

Pada hari Selasa yang lalu perusahaan mengatakan akan menghapus pembayaran dividen bulan Juli dan menghemat sekitar 1,6 miliar dollar AS dan memotong belanja modal sebesar 900 juta dollar AS.

Kerugian pada kuartal tersebut dikurangi dengan kredit pajak karyawan sebesar 150 juta Dollar AS yang merupakan bantuan dari Undang-Undang Corona Virus Federal.

Disney juga menawarkan beberapa langkah jangka pendek untuk bisnis taman hiburannya dan berencana membuka resortnya di Sanghai pada tanggal 11 Mei nanti.

"Kami melihat tanda-tanda yang menggembirakan dari pengembalian bertahap melihat beberapa kemiripan situasi normal di China," tutup Chappek.



Sumber Bloomberg
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X