Pasien Covid-19 yang Sembuh Meningkat, Luhut: Bagaikan Oase yang Segar di Tengah Tandusnya Sahara

Kompas.com - 06/05/2020, 21:40 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengungkapkan rasa gembiranya karena angka kesembuhan pasien terkena virus corona (Covid-19) mulai menunjukkan tanda positif.

"Kabar baik di tengah krisis pandemi seperti yang kita alami bersama saat ini, bagaikan oase yang segar di tengah tandusnya sahara. Seperti itulah yang saya juga alami ketika melihat angka kesembuhan pasien Covid-19 di Indonesia yang meningkat hari demi hari," tulis Luhut dalam akun resmi Facebooknya, Rabu (6/5/2020).

Dia menyebut, angka penderita Covid-19 kini tak lagi mencapai 400 orang tiap harinya.

"Angka kasus baru pun mencapai di bawah 400 kasus per hari, tentunya hal ini tidak lepas dari kenaikan jumlah “testing” yang Pemerintah Indonesia lakukan cukup signifikan," katanya. 

Baca juga: Kuasa Hukum Luhut Pertanyakan Said Didu yang Mangkir saat Dipanggil Bareskrim

Sementara itu, Juru bicara pemerintah untuk penanganan virus corona Achmad Yurianto mengatakan, hingga hari ini, ada penambahan jumlah pasien sembuh dari Covid-19.

"Jumlah pasien yang dikonfirmasi sembuh mengalami penambahan sebanyak 120 orang," ujar Yuri dalam konferensi pers di Graha BNPB, Rabu sore.

Dengan demikian, hingga saat ini total ada 2.317 pasien yang sudah sembuh dari Covid-19. Mereka telah dinyatakan sembuh setelah dua kali pemeriksaan spesimen dengan menggunakan metode polymerase chain reaction (PCR) memperlihatkan hasil negatif virus corona.

Selain perkembangan jumlah pasien sembuh, Yuri juga menyampaikan adanya penambahan kasus baru pasien positif Covid-19 hingga 5 Mei 2020. Menurut Yuri, berdasarkan data yang dihimpun pemerintah hingga pukul 12.00 WIB, Rabu, ada penambahan 367 kasus baru Covid-19. Sehingga secara akumulatif ada 12.438 kasus kasus positif Covid-19 di Indonesia.

Baca juga: Ekonom: Kalau Kemenko Kemaritiman dan Investasi Dibubarkan Ada Saving Rp 200 Miliar

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.