Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga Minyak Dunia Kembali Merosot, Apa Penyebabnya?

Kompas.com - 08/05/2020, 07:11 WIB
Rully R. Ramli,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Harga minyak mentah dunia ditutup melemah pada sesi perdagangan Kamis (7/5/2020).

Dikutip dari MarketWatch, Jumat (8/5/2020), acuan harga minyak mentah AS West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman Juni 2020 turun 0,44 dollar AS atau 1,8 persen ke level 23,55 dollar AS per barel.

Hal serupa juga dialami harga minyak jenis Brent pengiriman Juni 2020 yang turun 0,26 dollar AS atau 0,9 persen ke level 29,46 dollar AS per barel.

Baca juga: Harga Minyak Dunia Akhiri Penguatan Beruntun, ini Penyebabnya

Pelemahan ini utamanya terjadi akibat kekhawatiran masyarakat terhadap permintaan minyak dunia yang diproyeksi tidak akan membaik dalam waktu dekat.

Tiga presiden bank sentral AS The Federal Reserve menyakini, aktivitas perekonomian tidak akan pulih dengan cepat meski pemerintahan melonggarkan kebijakan lockdown.

"Saya pikir, dalam jangka pendek (aktivitas perekonomian) benar-benar akan suram," ujar Presiden Fed Minneapolis Neel Kashkari.

Selain itu, pasar juga dibayang-bayangi kekhawatiran negara anggota Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak bersama mitra (OPEC+) yang tidak akan memenuhi kesepakatan pemangkasan produksi minyak mentah.

Baca juga: Harga Minyak Dunia Melonjak 20 Persen, Ini Penyebabnya

Beberapa negara kecil yang tergabung dalam OPEC+, seperti Kazakhtan, disebut-sebut kesulitan untuk memangkas produksi minyak mentah, sebab berpotensi menimbulkan ketidakstabilan domestik.

Sebagai informasi, harga minyak sempat menguat pada perdagangan sesi Kamis. Ini diakibatkan dengan diumumkannya kenaikan harga minyak Arab Saudi untuk pembelian Juni 2020.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com