Harga Minyak Dunia Kembali Merosot, Apa Penyebabnya?

Kompas.com - 08/05/2020, 07:11 WIB
Ilustrasi minyak dan gas (migas) Thinkstock/iStockIlustrasi minyak dan gas (migas)

JAKARTA, KOMPAS.com - Harga minyak mentah dunia ditutup melemah pada sesi perdagangan Kamis (7/5/2020).

Dikutip dari MarketWatch, Jumat (8/5/2020), acuan harga minyak mentah AS West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman Juni 2020 turun 0,44 dollar AS atau 1,8 persen ke level 23,55 dollar AS per barel.

Hal serupa juga dialami harga minyak jenis Brent pengiriman Juni 2020 yang turun 0,26 dollar AS atau 0,9 persen ke level 29,46 dollar AS per barel.

Baca juga: Harga Minyak Dunia Akhiri Penguatan Beruntun, ini Penyebabnya

Pelemahan ini utamanya terjadi akibat kekhawatiran masyarakat terhadap permintaan minyak dunia yang diproyeksi tidak akan membaik dalam waktu dekat.

Tiga presiden bank sentral AS The Federal Reserve menyakini, aktivitas perekonomian tidak akan pulih dengan cepat meski pemerintahan melonggarkan kebijakan lockdown.

"Saya pikir, dalam jangka pendek (aktivitas perekonomian) benar-benar akan suram," ujar Presiden Fed Minneapolis Neel Kashkari.

Selain itu, pasar juga dibayang-bayangi kekhawatiran negara anggota Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak bersama mitra (OPEC+) yang tidak akan memenuhi kesepakatan pemangkasan produksi minyak mentah.

Baca juga: Harga Minyak Dunia Melonjak 20 Persen, Ini Penyebabnya

Beberapa negara kecil yang tergabung dalam OPEC+, seperti Kazakhtan, disebut-sebut kesulitan untuk memangkas produksi minyak mentah, sebab berpotensi menimbulkan ketidakstabilan domestik.

Sebagai informasi, harga minyak sempat menguat pada perdagangan sesi Kamis. Ini diakibatkan dengan diumumkannya kenaikan harga minyak Arab Saudi untuk pembelian Juni 2020.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X