Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cadangan Devisa Indonesia Naik Jadi 127,9 Miliar Dollar AS, Ini Penyebabnya

Kompas.com - 08/05/2020, 12:10 WIB
Fika Nurul Ulya,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Indonesia (BI) mencatat posisi cadangan devisa pada April 2020 meningkat.

Tercatat, posisi cadangan devisa pada April 2020 sebesar 127,9 miliar dollar AS, lebih tinggi dibandingkan dengan posisi akhir Maret 2020 sebesar 121,0 miliar dollar AS.

"Peningkatan cadangan devisa pada April 2020, terutama dipengaruhi oleh penerbitan global bond pemerintah," kata Kepala Departemen Komunikasi BI, Onny Widjanarko dalam keterangan resmi, Jumat (8/5/2020).

Onny mengatakan, posisi cadangan devisa pada April 2020 ini setara dengan pembiayaan 7,8 bulan impor atau 7,5 bulan impor dan pembayaran utang luar negeri pemerintah. Posisi cadangan devisa juga berada di atas standar kecukupan internasional sekitar 3 bulan impor.

Bank Indonesia menilai, cadangan devisa tersebut mampu mendukung ketahanan sektor eksternal serta menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan.

"Ke depan, Bank Indonesia memandang cadangan devisa tetap memadai, didukung oleh stabilitas dan prospek ekonomi yang tetap baik," pungkas Onny.

Baca juga: BI Yakin Cadangan Devisa Bakal Meningkat Jadi 125 Miliar Dollar AS

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com