Erick Thohir Angkat Didiek Hartantyo sebagai Dirut KAI Gantikan Edi Sukmoro

Kompas.com - 08/05/2020, 12:46 WIB
Logo KAI KOMPAS.com/ Bambang P. JatmikoLogo KAI

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir merombak jajaran  direksi di PT Kereta Api Indonesia ( KAI) (Persero).

Adapun posisi yang dirombak meliputi Direktur Utama, Direktur Perencanaan Strategis dan Pengembangan Usaha, Direktur Niaga, dan Direktur SDM dan Umum.

Posisi Edi Sukmoro sebagai Dirut Utama KAI kini telah beralih dan dijabat oleh Didiek Hartantyo yang sebelumnya menjabat sebagai Direktur Keuangan.

Baca juga: Terimbas Pandemi, Garuda dan KAI Pastikan Karyawan Tetap Dapat THR

Peralihan jabatan ini telah tertulis dalam Surat Keputusan Menteri BUMN selaku Rapat Umum Pemegang Saham Perusahaan Perseroan PT KAI Nomor: SK-142/MBU/05/2020.

"Mengalihkan penugasan Saudara Didiek Hartantyo, yang semula sebagai Direktur Keuangan menjadi Direktur Utama Perusahaan Perseroan PT Kereta Api Indonesia, dengan masa jabatan meneruskan sisa masa jabatan," isi dari salinan SK tersebut, Jumat (8/5/2020).

Selain posisi Dirut, Menteri BUMN mengangkat sejumlah nama untuk menduduki posisi lain, yakni:

1. Direktur Perencanaan Strategis dan Pengembangan Usaha yang sebelumnya dijabat Amrozi Hamidi, digantikan oleh Jefrie N. Korompis.

2. Direktur Niaga yang sebelumnya dijabat Dody Budiawan, kini digantikan oleh Maqin U. Norhadi.

3. Direktur SDM dan Umum dijabat oleh Agung Yunanto. Posisi ini sebelumnya ditempati oleh R. Ruli Adi

4. Direktur Keuangan telah diisi oleh Rivan Achmad Purwantono.

Sebelumnya, isu perombakan direksi KAI sudah digaungkan sejak Desember 2019. Hal ini dikemukakan Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga di kantornya, Jakarta, Senin (16/12/2019). Awalnya perombakan direksi KAI diwacanakan pada tahun lalu, namun baru terealisasi tahun ini.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X