Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Imbauan Dianggap Menyesatkan, WHO Diprotes Negara-negara Produsen Minyak Sawit

Kompas.com - 08/05/2020, 14:21 WIB
Elsa Catriana,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Baru-baru ini Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menerbitkan infografis yang berjudul "Nutrition Advice for Adults During Covid-19" yang diterbitkan oleh Kantor Regional WHO Mediterania Timur edisi 7 Mei 2020.

Infografis itu berisikan anjuran kepada masyarakat khususnya orang dewasa untuk menghindari makanan lemak jenuh, termasuk minyak kelapa sawit.

Menyikapi hal tersebut Dewan Negara-negara Produsen Minyak Sawit (Council of Palm Oil Producing Countries atau CPOPC) memprotes WHO dan mengirimkan surat keberatan kepada WHO Mediterania Timur.

Dalam surat tersebut CPOPC membeberkan enam poin penting fakta-fakta minyak kelapa sawit yang telah diverifikasi oleh para ahli gizi dunia selama bertahun-tahun.

Baca juga: Dukung Upaya Pemerintah, Industri Kelapa Sawit Bantu Perangi Corona

Dalam klarifikasinya, CPOP menjelaskan meskipun memiliki kandungan lemak jenuh tinggi, minyak kelapa sawit adalah sumber minyak goreng yang paling banyak digunakan di dunia.

Minyak kelapa sawit aman dikonsumsi karena memiliki komposisi beragam asam lemak yang seimbang dan telah dikonfirmasi oleh banyak studi penelitian ilmiah secara global.

CPOP berpendapat minyak kelapa sawit adalah sumber tokotrienol (suatu bentuk vitamin E) yang sangat baik untuk tubuh. Antioksidan ini melindungi sel-sel yang dapat mengurangi risiko masalah kesehatan tertentu seperti penyakit jantung dan kanker.

"Karena itu, infografis WHO menyesatkan dan tidak dijamin. Karena minyak sawit adalah minyak nabati yang paling banyak dikonsumsi di dunia," tulis CPOPC mengutip dari keterangan resmi yang diterima Kompas.com, Jumat (8/5/2020).

Selain itu CPOPC juga menegaskan mengingat dari fakta-fakta tersebut minyak sawit tidak boleh terdaftar sewenang-wenangnya sebagai makanan yang dibatasi untuk dikonsumsi selama pandemi Covid-19 karena kelapa sawit justru memiliki banyak manfaat kesehatan bagi orang dewasa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com