Kampanye Beli Produk Lokal Fesyen Muslim, Kemenperin Gandeng Shopee

Kompas.com - 08/05/2020, 17:40 WIB
Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita bertemu dengan perusahaan asal Korea Selatan, LG Chemical, di Jakarta, Rabu (8/1/2020). KOMPAS.com/ADE MIRANTI KARUNIA SARIMenteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita bertemu dengan perusahaan asal Korea Selatan, LG Chemical, di Jakarta, Rabu (8/1/2020).

JAKARTA, KOMPAS.com -  Kementerian Perindustrian menggandeng Shopee meluncurkan Kampanye Beli Produk Lokal Fesyen Muslim yang diharapkan mampu mendongkrak penjualan Industri Kecil dan Menengah ( IKM).

Hal itu dilatarbelakangi banyaknya pelaku IKM terutama bidang fesyen yang terdampak oleh wabah virus corona (Covid-19).  Penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dan jaga jarak fisik (phsycal distancing) membuat stok produk IKM menumpuk.

Oleh karena itu, perlu adanya pengalihan ke jalur pemasaran online. Namun, tidak semua IKM memiliki toko online. Selain itu, bagi yang sudah memiliki toko online, promosi dilakukan secara parsial atau sendiri-sendiri sehingga dampaknya kurang maksimal.

"Dengan membeli produk fesyen muslim lokal, maka konsumen ikut membantu roda perekonomian terus berjalan dan akan berdampak positif kepada para perajin, penjahit, logistik dan banyak lagi pihak yang akan terbantu secara ekonomi," ujar Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita melalui keterangan tertulis, Jumat (8/5/2020).

Baca juga: Selama Ramadhan, Ini Promo dari Shopee, Tokopedia, hingga Lazada

Secara khusus, program tersebut bertujuan untuk meningkatkan minat masyarakat terhadap produk busana muslim lokal dan membantu peningkatan penjualan mereka.

“Program ini ditargetkan untuk bisa diikuti oleh IKM yang sudah melakukan penjualan di Marketplace Shopee ataupun belum pernah berjualan online sama sekali. IKM yang belum pernah melakukan penjualan secara online akan diberikan pelatihan pemasaran online di Shopee secara gratis dengan pengajar dari pihak Shopee,” ujarnya.

IKM yang terlibat dalam kampanye ini berasal dari Jawa Barat, Jawa Timur, Daerah Istimewa Yogyakarta, DKI Jakarta, Jawa Tengah, Sumatera Barat, Banten, Nusa Tenggara Barat, Riau, Sumatera Selatan, Sumatera Utara, Aceh, Bali, Kepulauan Riau, Lampung dan Maluku Utara.

Dalam kesempatan terpisah, Head of Public Policy and Government Relations Shopee Radityo Triatmojo mengatakan, sebagai perusahaan berbasis teknologi Shopee memiliki fungsi dan peran sosial untuk turut mendukung pertumbuhan ekonomi sekaligus roda perekonomian dapat terus berjalan.

Shopee menyambut baik inisiatif yang diusung oleh Kemenperin untuk mendukung IKM Indonesia tersebut.

"Selain itu kami juga turut senang dapat berkontribusi melalui pelatihan online yang dapat kami berikan kepada IKM di Indonesia sebagai bentuk komitmen kami yang sejalan dengan objektif dari Kemenperin," katanya.

Radityo berharap dengan keterlibatan platform Shopee membantu memasarkan busana muslim lokal selama Ramadan dan Lebaran dapat membantu keberlangsungan IKM Indonesia saat masa pandemi ini.

Kampanye bersama belanja produk fesyen muslim dengan tema #LebaranUntukSemua akan dilaksanakan pada tanggal 12-19 Mei 2020 di Shopee Indonesia dan bisa diakses melalui Banner Khusus di Marketplace Shopee.

Baca juga: Shopee: Pakde Didi Kempot Selalu Hangat dan Ceria...



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X