Renovasi Gedung Sarinah Thamrin Menelan Dana Rp 700 Miliar

Kompas.com - 08/05/2020, 21:35 WIB
Plang ikonik Sarinah. KOMPAS.com/Vitorio MantaleanPlang ikonik Sarinah.

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan, renovasi Gedung Sarinah yang terletak di Jalan Thamrin, Jakarta, akan dimulai pada Juni 2020 atau usai Lebaran Idul Fitri 1441 hijriah.

Renovasi tersebut disebutkan akan menelan anggaran senilai Rp 700 miliar dan melibatkan sejumlah perusahaan BUMN lainnya. Termasuk PT Wijaya Karya (Persero) yang akan menjadi kontraktornya.

"Kurang lebih Rp 700 miliar. Kalau bongkar robohin lebih mahal. Tentu itu di luar ongkos buat operasionalnya jualan. Ada kerja sama dengan BUMN juga bukan swasta. Beberapa perusahaan BUMN akan ada fokus properti, retailnya Sarinah," katanya kepada Kompas.com dalam wawancara terbatas, Jumat (8/5/2020).

Baca juga: Erick Thohir: Sarinah akan Dijadikan Pusat UMKM

Erick menjelaskan, wacana renovasi serta mengubah konsep Sarinah sudah lama diusulkan sejak November 2019. Namun, baru terealisasi Juni nanti renovasinya. Para pekerja renovasi bangunan tersebut pun akan bekerja di masa pandemi virus corona (Covid-19) dengan mengikuti protokol kesehatan.

"Konsep ini dari November (2019) saya sudah mulai bicara. Saya justru, project-project pertamanya di awal (tahun 2020) sebenarnya. Cuma karena satu dan lain halnya jadi ter-delay," ucapnya.

Pembenahan Gedung Sarinah ditargetkan rampung pada November 2021. Padahal, mantan Presiden Klub Sepakbola Inter Milan ini awalnya menginginkan renovasi tersebut tuntas pada Hari Kemerdekaan Indonesia yang ke-75.

Baca juga: Gerai McDonalds Tutup, Ini Kata Manajemen Sarinah

Namun akibat terkendala adanya wabah Covid-19, keinginan penyelesaian target pada Agustus tahun ini pun tidak akan tercapai.

"Saya rasa targetnya setelah Lebaran sudah mulai. Tapi saya minta protokol Covid-19nya tetap diikuti. (Target) November 2021 kalau bisa jadi. Tahun depan, pas Hari Pahlawan lagi. Kalau bisa lebih cepat, alhamdulillah," kata dia.

Gedung Sarinah merupakan pusat perbelanjaan setinggi 74 meter dengan memiliki 15 lantai. Luas bangunannya berkisar 27.000 meter persegi dengan luas per lantai 1.800 meter persegi.

Renovasi gedung milik BUMN tersebut mau tidak mau berimbas kepada seluruh tenant yang ada di sana tutup.

Termasuk McDonald's yang akan ditutup permanen mulai 10 Mei 2020. Bila renovasi itupun tuntas, Erick memastikan tenant-tenant yang dipasarkan nyaris 100 persen produk UMKM atau brand lokal.

Baca juga: Sri Mulyani: Ada Kemungkinan Penerima Bansos Tumpang Tindih



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X