Gedung Sarinah yang Baru Akan Dilengkapi Pusat Kesenian dan Film

Kompas.com - 09/05/2020, 06:28 WIB
Gedung Sarinah Thamrin, Jakarta Pusat. sarinah.co.idGedung Sarinah Thamrin, Jakarta Pusat.

JAKARTA, KOMPAS.com - Gedung milik PT Sarinah (Persero) yang terletak di Jalan MH Thamrin, Jakarta, dipastikan akan direnovasi total.

Renovasi itu termasuk gerai-gerai kuliner yang ada di tempat perbelanjaan itu. Bahkan, bakal ada ruang untuk komunitas kesenian di Sarinah Thamrin.

"Saya maunya di situ ada komunitas kesenian. Sabtu-Minggu adalah kesenian kita dimainkan di situ. Bisa pameran lukisan, atau videographic. Culture education community kita jalankan," kata Menteri BUMN Eric Thohir dalam wawancara terbatas di Kementerian BUMN, Jakarta, Jumat (8/5/2020).

Menurut Erick, masyarakat di Indonesia kerap lebih mengapresiasi dunia Barat dibandingkan kualitas negeri sendiri. Sehingga, Erick Thohir ingin mengubah konsep Nusantara di Sarinah Thamrin ketika rampung direnovasi yang ditargetkan November 2021.

Baca juga: Juni 2020, Sarinah Resmi Jual Produk UMKM Dalam Negeri

"Kadang-kadang kita ini terlalu ke barat-baratan. Padahal, waktu (kesenian) kita mainkan di airport di Bali malah diapresiasi," ujarnya.

Tak hanya kesenian, para pelaku industri perfilman Indonesia juga akan ditampilkan di sana beserta produk yang dipasarkan. Sebab, selama ini Sarinah memasarkan berbagai produk yang tak menarik minat pembeli.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Industri film kita tadinya sempat naik, bisa saja di sini mereka bisa launching produk. Bisa saja film-film Indonesia me-launching dan menjual merchandise-nya di sini," ujarnya.

Seperti diketahui, manajemen Sarinah Thamrin telah mengumumkan kepada semua gerai yang ada di dalamnya untuk menutup pelayanannya dengan alasan akan direnovasi per Juni tahun ini.

Untuk renovasi, BUMN itu akan menggelontorkan Rp 700 miliar dan melibatkan beberapa perusahaan, salah satunya PT Wijaya Karya (Persero) sebagai kontraktor.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.