Rupiah Berharap pada Sentimen Pelonggaran "Lockdown"

Kompas.com - 11/05/2020, 09:36 WIB
Ilustrasi rupiah Thinkstockphotos.com/ThamKCIlustrasi rupiah

JAKARTA, KOMPAS.com - Nilai tukar rupiah terhadap dollar AS Senin (11/5/2020) diproyeksikan menguat.

Kepala Riset dan Edukasi PT Monex Investindo Futures Ariston Tjendra mengatakan, hari ini rupiah berpeluang menguat seiring pelonggaran karantina wilayah (lockdown) di beberapa negara.

“Sentimen positif kelihatannya masih akan membayangi pergerakan aset berisiko hari ini karena pasar menyambut positif pembukaan kembali aktivitas perekonomian di beberapa negara pandemi seiring dengan melandainya kasus positif Covid-19,” kata Ariston kepada Kompas.com.

Baca juga: Awali Pekan, IHSG Dibuka Positif

Dengan aktifnya kembali perekonomian diharapkan kondisi ekonomi bisa segera membaik.

Namun demikian pasar masih mewaspadai perkembangan pandemi usai pelonggaran lockdown dan dampak buruknya terhadap kondisi ekonomi yang bisa kembali menekan harga aset berisiko.

Ariston memproyeksikan rupiah hari ini berpotensi menguat dan berada pada kisaran Rp 14.800 per dollar AS sampai dengan Rp 15.150 per dollar AS.

Mengutip data Bloomberg pukul 09.15 WIB rupiah berada pada level Rp 14.913 per dollar AS atau naik 0,05 persen dibandingkan penutupan sebelumnya pada level Rp 14.920 per dollar AS.

Baca juga: Menguat, Berikut Kurs Rupiah Hari Ini di 5 Bank



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X