KILAS

Antisipasi Musim Kemarau, Kementan Galakkan Program Pembangunan Dam Parit

Kompas.com - 11/05/2020, 12:16 WIB
Embung penampung air untuk mengairi lahan pertanian di musik kemarau. KementanEmbung penampung air untuk mengairi lahan pertanian di musik kemarau.


KOMPAS.com – Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo mengatakan, Kementerian Pertanian ( Kementan) menggalakkan program pembangunan embung, dam, parit dan longstorage untuk mengantisipasi musim kering.

“Pembangunan itu diharapkan bisa menampung air hujan dan mengairi sawah, sehingga mampu meminimalisir kerugian petani,” kata SYL seperti dalam keterangan tertulisnya, Senin (11/5/2020).

Ia mengatakan, pembangunan embung itu merupakan program strategis untuk penampungan air hujan atau sumber sumber mata air di tempat lain.

Baca juga: Antisipasi Kemarau 2020, Kementan Siapkan Embung untuk Lahan Pertanian

“Luas layanan minimal 25 hektar (ha) untuk tanaman pangan dan 5 ha untuk hortikultura, perkebunan, dan peternakan," ujar Mentan SYL.

Mentan SYL mengatakan, pembuatan embung tersebut bertujuan untuk meningkatkan pendapatan petani melalui penerapan pertanian yang lebih baik.

"Masyarakat dan para petani diharapkan bisa menjaga dan merawat apa yang telah dibangun oleh pemerintah," ujarnya.

Sementara itu, Direktur Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Kementan Sarwo Edhy mengatakan pembangunan infrastruktur ini direncanakan berjumlah 400 Unit yang tersebar di 30 provinsi dan lebih dari 226 kabupaten atau kota.

Baca juga: Kementan dan PT Pupuk Indonesia Jamin Ketersediaan Pupuk Bersubsidi

Ia mengatakan, kegiatan tersebut akan dilakukan secara bertahap berdasarkan kebutuhan petani.

Sarwo Edhy mengatakan, sebagian besar dana pembangunannya akan disalurkan melalui sistem swakelola atau gotong royong dan langsung diberikan kepada kelompok tani.

“Dengan swakelola oleh petani, maka hasilnya biasanya akan lebih bagus dan petani merasa lebih memiliki," ujar Sarwo Edhy.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X