Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

THR Masih Tanda Tanya, Ini 3 Hal yang Bisa Dipangkas Saat Lebaran

Kompas.com - 11/05/2020, 12:41 WIB
Kiki Safitri,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Tunjangan Hari Raya (THR) adalah tambahan dana yang paling ditunggu saat menjelang Lebaran.

Namun Lebaran dalam situasi tidak pasti akibat pandemic Covid-19 mungkin akan berbeda dibanding tahun-tahun sebelumnya. Apalagi santer beredar kabar, beberapa perusahaan tidak mampu membayarkan THR karyawannya.

Perencana Keuangan Finansia Consulting Eko Endarto mengatakan, kondisi saat ini yang tidak pasti dengan tidak adanya kepastian pembayaran THR tentunya bisa disikapi dengan bijaksana.

Baca juga: Ketahui Perbedaan THR dan Gaji ke-13 PNS

Apalagi menurut dia, saat ini harga cenderung stabil karena kurangnya daya beli masyarakat.

“Jadi sebenarnya yang utama dari Lebaran itu kan acaranya bukan belanjanya. Memang biasanya saat hari besar harga akan naik, tapi kondisi seperti ini harga enggak akan naik banyak, karena kegiatan dibatasi sehingga mau tidak mau pengeluaran juga mungkin tidak sebanyak tahun sebelumnya,” kata Eko kepada Kompas.com, Senin (11/5/2020).

Eko mengimbau agar Anda melakukan alokasi dana secara bijak apabila THR tak kunjung cair. Hal ini mengingat dalam situasi tak pasti dana cadangan tentunya akan membantu dalam memperkuat pondasi finansial.

“Jika ada pengeluaran namun penghasilan tidak nambah atau tidak ada THR, mau enggak mau harus membatasi pengeluaran,” ungkap dia.

Adapun 3 pengeluaran wajib saat Lebaran yang bisa dipangkas, antara lain :

1. Mudik

Dengan pembatasan sosial dan lockdown yang terjadi saat ini tentunya akan menyulitkan Anda untuk melakukan kegiatan mudik seperti yang tahun-tahun lalu dilakukan. Ini tentunya akan menghemat anggaran Anda dimasa pandemi Covid-19. Tak tanggung, anggaran yang akan Anda hemat lebih dari 50 persen THR.

“Yang udah pasti terpangkas itu mudik, mudik itu bisa hampir 50 persen dari THR, bahkan lebih kadang-kadang,” ungkap Eko.

Baca juga: Begini Cara Atur THR di Masa Corona Biar Keuangan Sehat

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com