Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Imbas Virus Corona, UMKM Berpotensi Alami Masalah Hukum

Kompas.com - 11/05/2020, 18:11 WIB
Elsa Catriana,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sekretaris Menteri Koperasi dan UMKM Rully Indrawan mengatakan, pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) berpotensi mengalami masalah hukum sebagai akibat pagebluk virus corona.

Meski demikian, hingga saat ini Kementerian Koperasi dan UKM belum mendapatkan laporan terkait masalah hukum yang dialami pelaku UMKM.

Namun begitu, tidak menutup kemungkinan masalah tersebut bisa terjadi.

Baca juga: Ada Layanan Konsultasi Hukum Gratis untuk UMKM, Ini Cara Mengaksesnya

"Misalnya saja karena pandemi ini ada jadwal-jadwal yang mundur 1 sampai 2 bulan, lalu bagaiaman nasib Down Payment (DP) yang sudah masuk. Ini bisa dipertanyakan," ujar Rully dalam konferensi video di Jakarta, Senin (11/5/2020).

Ia menyebutkan dari total koperasi dan pelaku UMKM, sebanyak 35 persen di antaranya mengeluhkan berbagai masalah, seperti sulitnya bahan baku yang didapat, penurunan jumlah omzet, hingga menurunnya jumlah permintaan.

Sementara itu, Direktur Konten dan Pemberitaan Hukum Online Amrie Hakim menyebutkan ada beberapa masalah hukum yang berpotensi dirasakan oleh para pelaku UMKM.

"Misalnya saja masalah ketenagakerjaan, utang-piutang ataupun masalah pemenuhan kontrak bisa terjadi," katanya.

Baca juga: OJK: Restrukturisasi Kredit Sudah Rp 207,2 Triliun, Didominasi UMKM

Oleh sebab itu, Amrie mengatakan apabila masyarakat atau pelaku UMKM membutuhkan konsultasi kepada para advokat Indonesia dapat mengaksesnya secara gratis melalui layanan yang diberikan pihaknya.

"Melalui layanan itu masyarakat atau pelaku UMKM bisa mendapatkan arahan atau advice terkait layanan hukum yang dibutuhkan nantinya dan ini gratis," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com