Penerbangan Kembali Dibuka, Asosiasi Travel Agent Tak Bisa Jual Tiket

Kompas.com - 11/05/2020, 21:01 WIB
Ilustrasi tiket pesawat THINKSTOCKIlustrasi tiket pesawat

JAKARTA, KOMPAS.com - Sekretaris Jenderal Asosiasi Travel Agent Indonesia (Astindo) Pauline Suharno mengaku kecewa karena pelaku bisnis travel agent tak bisa menjual tiket setelah Kementerian Perhubungan memperbolehkan maskapai beroperasional untuk melayani penerbangan tertentu.

“Setelah kami mendapatkan informasi dari maskapai penerbangan domestik bahwa yang bisa menjual tiket tersebut hanya kantor-kantor maskapai yang bersangkutan atau melalui website maskapai. Sehingga kami travel agent tidak diberi kesempatan untuk menjual tiket tersebut,” ujar Pauline dalam keterangan tertulisnya, Senin (11/4/2020).

Pauline menambahkan, saat ini uang deposit travel agent masih mengendap di rekening maskapai, termasuk uang refund penumpang yang dikembalikan melalui top up deposit.

Baca juga: Maskapai Tertua Kedua di Dunia Terancam Bangkrut akibat Corona

Maskapai tidak berkenan mengembalikan saldo tersebut ke rekening travel agent sedangkan travel agent saat ini sudah terengah-engah dengan tidak adanya pemasukan sama sekali dan harus terus membayar biaya operasional perusahaan,” kata Pauline.

Atas dasar itu, Pauline merasa kecewa terhadap kebijakan para maskapai. Padahal, selama ini travel agent menjadi distribution channel maskapai.

“Selain maskapai memanfaatkan dana refund dan top up travel agent untuk cashflow, maskapai juga tidak memberikan kesempatan kepada travel agent untuk mendapatkan profit dari penjualan tiket,” ucap dia.

Menurut Pauline, beberapa maskapai di negara lain sudah mengajukan pailit dan minta bantuan dari pemerintah untuk menalangi utang mereka.

“Apakah ada jaminan dari pemerintah jika maskapai penerbangan domestic berhenti beroperasi dan tidak mengembalikan uang travel agent maupun penumpang ? Berkaca dari kebangkrutan Adam Air, Batavia, Mandala, Linus Air, tidak ada sepeserpun uang travel agent maupun penumpang yang dikembalikan,” ujarnya.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X