Indonesia Punya Industri Vaksin Anti-corona, Ini Sisi Positifnya

Kompas.com - 12/05/2020, 21:08 WIB
Ilustrasi Covid-19 KOMPAS.COM/HANDOUTIlustrasi Covid-19

KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo dalam beberapa kesempatan menyampaikan pesan agar Indonesia segera punya industri vaksin anti-corona.

Pihak berpeluang untuk mengembangkan industri itu salah satunya adalah badan usaha milik negara (BUMN) yang bergerak di bidang farmasi dan obat-obatan.

Pertimbangan berkenaan dengan kebijakan itu sudah barang tentu berdasarkan pada kenyataan bahwa di tengah pandemi corona, banyak negara berlomba menemukan vaksin tersebut.

Sementara, pada kenyataannya, vaksin bahkan obat untuk memerangi virus mematikan itu sama sekali belum ada.

Baca juga: Jokowi: Kita Harus Hidup Berdamai dengan Covid-19 Sampai Vaksin Ditemukan

Pengamat ekonomi INDEF, Dradjad Wibowo, mengatakan bila industri vaksin anti-corona ada Indonesia bakal membawa dampak positif.

" Vaksin itu akan bisa diproduksi sendiri secara massal," katanya dalam keterangan tertulis pada Selasa (12/5/2020).

Ia melanjutkan ketersediaan vaksin membuat masyarakat tak lagi punya rasa khawatir terinfeksi corona alias Covid-19.

Kemandirian

Dradjad lebih lanjut mengatakan kepemilikan atas industri vaksin anti-corona juga akan sangat mengurangi ketergantungan impor Indonesia.

Ia menerangkan, jika terjadi pandemi, negara-negara penemu vaksin anti-corona akan memproduksi dan menempatkan prioritas utama memenuhi kebutuhannya terlebih dahulu.

Vaksi anti-corona yang mereka jual ke luar negeri, imbuh Dradjad sudah pasti harganya akan jauh lebih mahal lantaran vaksin itu dibutuhkan begitu banyak negara.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X