Kompas.com - 13/05/2020, 05:32 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Program Kartu Prakerja masih terus berjalan dan bahkan pendaftaran gelombang empat akan segera dilaksanakan.

Namun dikarenakan adanya masalah keterbatasan sumber daya dalam proses verifikasi data untuk mencairkan insentif pasca pelatihan, pembukaan gelombang keempat masih belum bisa dilakukan.

Terkait pencairan dana insentif Kartu Prakerja, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan uang saku dan insentif dapat dicairkan melalui e-wallet atau dompet digital.

Baca juga: Kemenaker: Pekerja yang Di-PHK dan Dirumahkan Capai 1,7 Juta

"Setelah mendapat pelatihan maka akan dapat sertifikasi secara elektronik. Dengan sertifikasi itu maka otomatis akan membuat sistem yang bersangkutan dapat virtual account atau e-wallet. Apakah menggunakan LinkAja, OVO, GoPay sesuai pilihan," ujarnya dalam konferensi pers secara virtual, Kamis (16/4/2020).

Airlangga juga mengatakan untuk uang saku melalui dompet digital tersebut peserta akan mendapat total dana sebesar Rp 2,4 juta selama 4 bulan, atau sebesar Rp 600.000 per bulan.

Lalu bagaimana cara mencairkan saldo Kartu Pakerja di Ovo, Link Aja dan Gopay? prinsipnya, pencaiaran dana tersebut harus lebih dulu dikirimkan ke rekening bank. Berikut caranya:

1. OVO

Bagi peserta Kartu Prakerja yang ingin mencairkan saldo di OVO, peserta harus memasukkan nomor ponsel aktif yang telah terdaftar OVO saat melakukan registrasi.

Baca juga: KSPI Tolak Kebijakan yang Izinkan Karyawan di Bawah Usia 45 Bisa Kembali Bekerja

Adapun akun OVO dari peserta diwajibkan OVO premier. Caranya adalah dengan membuka aplikasi OVO dan memilih "Upgrade" ke OVO Premier

Setelah itu, pengguna akan diminta untuk melakukan swafoto dengan memegang KTP.

Apabila akun telah berhasil ter-upgrade, Anda dapat melakukan pengiriman dana insentif Kartu Prakerja ke rekening bank dengan cara sebagai berikut:

  • Masuk ke aplikasi OVO
  • Pilih menu transfer
  • Pilih bank yang dituju
  • Masukkan nomor rekening dan jumlah uang yang akan ditransfer.
  • Transfer ini akan dikenai biaya sebesar Rp 2.500 untuk sekali pengiriman ke rekening bank.

Baca juga: Pemerintah Perpanjang Masa Work From Home untuk ASN

Halaman:


Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.